Artikel dan UlasanBisnisEdukasi

10 Macam Contoh Invoice Pembayaran dan Cara Membuatnya

×

10 Macam Contoh Invoice Pembayaran dan Cara Membuatnya

Sebarkan artikel ini
Contoh Invoice Pembayaran
10 Macam Contoh Invoice Pembayaran Dan Cara Membuatnya (3titik.com)

Mengulas tentang contoh invoice pembayaran yang akan di sajikan berikut ini bisa di jadikan panduan sederhana bagi kamu yang memiliki bisnis jual beli offline maupun online. Invoice ini disebut juga faktur atau dokumen yang berisi pernyataan tagihan yang sengaja di buat oleh penjual  untuk di berikan kepada pembeli.

Invoice pembayaran ini memberikan informasi berupa daftar produk yang di beli dengan nama penjual, nama pembeli, jumlah barang, dan nominal harga yang harus di bayarkan oleh pembeli atau konsumen. Dengan Invoice pembayaran ini juga merupakan bukti transaksi bahwa proses jual beli telah di lakukan secara kredit.

10 Macam Contoh Invoice Pembayaran Jasa dan Barang

Beberapa elemen harus di sertakan dalam invoice pembayaran untuk memberikan informasi yang lebih terperinci kepada pihak pembeli. Unsur-unsur tersebut meliputi nomor invoice, tanggal penerbitan, dan pihak yang terlibat dalam transaksi.

Nah, jika kamu sedang menjalankan bisnis dan sering terlibat dalam transaksi, maka kamu perlu mengetahui invoice apa saja yang harus dikeluarkan. Untuk itu kamu bisa melihat beberapa contoh tagihan pembayaran jasa dan barang di bawah ini.

1. Contoh Invoice Tagihan

Informasi tagihan harus sangat lengkap, bahkan jumlah pajak pun harus di sertakan dalam invoice pembayaran yang satu ini. Ketika ingin menerbitkan invoice tagihan ini, minimal harus memuat informasi lengkap tentang detail invoice yang harus di bayarkan konsumen.

2. Invoice Contoh Layanan

Contoh lainnya adalah invoice yang di keluarkan oleh penyedia jasa pembuatan website kepada klien. Invoice pembayaran yang ini menyatakan semua yang di pesan klien, termasuk jumlah dan total harga pembelian layanannya.

Selain itu, informasi rekening bank dan nama penyedia layanan didaftarkan di invoice satu ini. Hal ini dilakukan agar semua pesanan klien lebih testruktur dan klien akan merasa lebih puas melakukan transaksi di toko dan perusahaan Anda.

3. Contoh Invoice Pembayaran

Ini merupakan invoice yang memuat informasi pembayaran untuk jumlah produk yang dibeli di sebuah toko. Susunan setiap elemennya sederhana, namun tetap menyertakan serial number untuk memudahkan penyimpanan file.

Invoice pembayaran ini juga berisi informasi nomor telepon. Sehingga ketika terjadi kesalahan dalam pembelian atau pembayaran, pelanggan dapat mengajukan komplain di kontak yang tertera.

4. Contoh Invoice Travel

Travel invoice sedikit berbeda dengan invoice pembayaran lainnya karena harus di tulis secara detail. Ini mencangkup semua data mulai dari tanggal keberangkatan/kepulangan, waktu kedatangan, nama penumpang, jenis angkutan, jumlah pembelian, dll.

5. Contoh Invoice Penjualan

Invoice yang satu ini di buat tanpa logo toko, namun informasi penjualannya cukup lengkap, mulai dari nomor invoice, informasi pengiriman, pembayaran, tanda tangan pihak terkait, dan detail barang.

6. Contoh Invoice Jasa Perorangan

Invoice layanan perorangan biasanya di tangani oleh individu ke perusahaan yang menggunakan layanan individu. Misalnya, ketika sebuah perusahaan membutuhkan freelancer untuk mengerjakan suatu proyek, seperti penulisan, desain grafis, jasa pembuatan website, dll.

7. Contoh Invoice Sederhana

Jika kamu ingin membuat invoice sederhana, maka kamu tidak perlu mencantumkan logo perusahaan atau toko yang kamu kelola. Cukup masukkan informasi tertulis sesuai dengan elemen yang harus ada di detail tagihan, lalu ikuti detail pembayaran/pembelian di tabel.

8. Contoh Invoice Pembelian/Pembelanjaan Barang

Pada contoh invoice pembelian ini, umumnya digunakan oleh toko yang menjual barang-barang tertentu, salah satunya adalah produk fashion. Rincian invoice ini di keluarkan setelah pembeli menyelesaikan pesanan untuk di bayar sesuai dengan harga.

Dapat di katakan bahwa dokumen-dokumen ini tidak sama dengan bill of lading. Karena waktu pembayaran harus segera dilakukan dan tidak ada tanggal jatuh tempo.

9. Contoh Invoice Hotel

Pada umumnya invoice hotel berisi informasi tertentu yang di berikan pada konsumen yang menggunakan layanan di hotel/penginapan, termasuk sewa kamar dan pajak yang di kenakan.

Invoice ini  biasanya juga berisi kesepakatan untuk mencegah kesalahpahaman dari pihak konsumen dan pihak hotel yang umum terjadi.

10. Contoh Invoice Rental

Tidak hanya membeli, menyewa, atau menyewa kendaraan, kamu juga perlu memberikan invoice untuk memberikan informasi tagihan resmi kepada konsumen.

Selain itu, invoice yang di keluarkan oleh pihak rental juga berguna untuk membuat konsumen lebih memahami kapan mereka harus membayar tagihan tersebut.

Manfaat Invoice Pembayaran

Setelah mengetahui contoh contoh invoice pembayaran yang telah di bahas di atas, kini saatnya kamu mengetahui apa saja manfaat dari invoice pembayaran. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengumpulan Pembayaran

Invoice digunakan sebagai dokumen resmi untuk menagih suatu pembayaran. Sebab, dengan detail data transaksi yang tertera di invoice, penjual dan pembeli bisa bertransaksi secara transparan.

Dokumentasi Penjualan

Salah satu kegunaan utama invoice adalah untuk mencatat penjualan. Adanya invoice ini akan memberikan informasi berupa data tanggal penjualan produk, jumlah pembayaran yang diterima, dan piutang yang belum di bayar oleh pelanggan.

Manajemen Pembayaran Tagihan

Selain untuk dokumentasi penjualan, invoice pembayaran juga dapat digunakan untuk melacak transaksi pembayaran. Sebab, dokumen ini bisa menunjukkan jumlah uang yang sudah di keluarkan, dan tagihan apa saja yang belum dibayar oleh perusahaan.

Manajemen Pajak

invoice ini juga sangat berguna untuk manajemen pajak. Karena dokumen ini menyimpan semua data yang berhubungan dengan transaksi yang sedang berlangsung. Melalui dokumen ini, perusahaan akan lebih mudah membuat laporan pajak, menjamin jumlah pajak yang dibayarkan, dan mencegah audit.

Memberikan Kepastian Hukum

Selain pengelolaan keuangan, keberadaan invoice pembayaran juga melindungi pemilik usaha dari kemungkinan gugatan perdata yang tidak wajar.

Ini semua karena dengan adanya invoice, maka bukti bahwa pemilik usaha telah menyediakan barang atau jasa tertentu pada waktu tertentu bisa di tunjukkan dengan jelas. Hal ini tentu akan mengurangi kesalah pahaman yang mungkin timbul suatu hari.

Instrumen Pendukung Pemasaran

Karena invoice ini memberikan data penting tentang bagaimana penjualan berubah dari waktu ke waktu, maka invoice dapat membantu bisnis membuat perkiraan yang akurat. Bisnis yang mencatat invoice dengan benar dapat menggunakan informasi tersebut untuk menargetkan basis konsumen.

Selanjutnya, tim pemasaran dapat mengumpulkan data melalui invoice, untuk memahami waktu puncak penjualan, produk terlaris, dan tren pendapatan dari bisnis tersebut. Informasi ini sangat penting ketika bisnis mengembangkan strategi pemasaran.

Catatan Keuangan Lebih Lengkap  

Invoice juga dapat di gunakan sebagai catatan keuangan. Dengan dokumen ini, kamu dapat dengan mudah mencatat pendapatan dan pengeluaran keuangan yang kamu lakukan. Ini adalah salah satu fungsi invoice yang paling berguna untuk bisnis yamng kamu jalankan.

Membererikan Kesan Profesional

Invoice yang terlihat rapi dan formal akan menambah kredibilitas perusahaan. Hal ini akan membantu perusahaan kamu terlihat profesional di mata konsumen

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu invoice pembayaran, contoh serta manfaatnya kan? Faktur juga biasanya dikaitkan dengan rekening bank. Semoga semua informasinya bermanfaat.

(*/Jeany)