EdukasiKesehatanKulinerRagam

5 Manfaat Makan Tape Bondowoso Untuk Kesehatan Tubuh

×

5 Manfaat Makan Tape Bondowoso Untuk Kesehatan Tubuh

Sebarkan artikel ini
5 Manfaat Makan Tape Bondowoso
5 Manfaat Makan Tape Bondowoso

5 Manfaat Makan Tape Bondowoso – Tape adalah kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi. Tapai singkong, yakni tape yang terbuat dari bahan dasar singkong.

Jenis tape ini biasanya dibuat untuk dijual, kebanyakan berupa industri rumah tangga. Tape singkong yang populer berasal dari daerah Bandung (banyak dijajakan di Jalan Raya Padalarang di wilayah Cipatat), dan jika di Jawa Timur, dari daerah Bondowoso.

5 Manfaat Makan Tape Bondowoso

Tape Bondowoso adalah jenis tape (fermented cassava) yang berasal dari Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Makan tape Bondowoso dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti:

  1. Mengandung probiotik: Tape Bondowoso mengandung bakteri asam laktat yang dapat memperbaiki kesehatan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Kaya akan karbohidrat: Tape Bondowoso kaya akan karbohidrat yang dapat menyediakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  3. Mengandung vitamin B kompleks: Tape Bondowoso mengandung vitamin B kompleks yang dapat meningkatkan kesehatan saraf dan mengurangi risiko anemia.
  4. Meningkatkan kesehatan jantung: Tape Bondowoso mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah penyakit jantung.
  5. Kaya akan mineral: Tape Bondowoso kaya akan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa makan tape Bondowoso harus dilakukan dengan porsi yang tepat dan dikombinasikan dengan diet yang seimbang, karena terlalu banyak makan tape Bondowoso dapat menyebabkan efek samping seperti diare, mual, dan muntah. (*/3titik)