Artikel dan UlasanKulinerRagam

5 Resep Masakan Rumahan yang Mudah dan Enak, Cocok untuk Pemula

×

5 Resep Masakan Rumahan yang Mudah dan Enak, Cocok untuk Pemula

Sebarkan artikel ini
5 Resep Masakan Rumahan
5 Resep Masakan Rumahan yang Mudah dan Enak, Cocok untuk Pemula (Pixabay)

Yuk dicoba 5 resep masakan rumahan yang mudah dan enak, cocok untuk pemula dan bikin penasaran. Memasak di rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat, terutama bagi Anda yang baru belajar memasak. Selain bisa menghemat pengeluaran, Anda juga bisa menyiapkan menu makanan yang sehat dan lezat untuk keluarga. Namun, bagi pemula, memasak bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika bingung mau masak apa dan bagaimana caranya.

Tidak perlu khawatir, karena ada banyak resep masakan rumahan yang sederhana, praktis, dan mudah dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat, serta mengikuti langkah-langkah memasaknya dengan teliti. Berikut adalah 5 resep masakan rumahan yang bisa Anda coba di rumah:

1. Udang Goreng Mentega

Udang goreng mentega adalah salah satu menu favorit yang bisa Anda buat dengan mudah. Anda hanya perlu menggoreng udang yang sudah dikupas kulitnya, lalu menumisnya dengan bawang putih, bawang bombay, cabai merah, daun bawang, dan bumbu-bumbu seperti kecap manis, kecap asin, minyak wijen, dan bubuk merica. Udang goreng mentega ini bisa Anda sajikan dengan nasi putih hangat atau roti tawar.

2. Tumis Kangkung Telur Puyuh

Tumis kangkung telur puyuh adalah menu sayuran yang segar dan bergizi. Anda hanya perlu menumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, dan garam, lalu menambahkan telur puyuh, tomat, saus tiram, dan air. Setelah mendidih, masukkan kangkung dan aduk hingga layu. Tumis kangkung telur puyuh ini bisa Anda nikmati dengan nasi putih atau lontong.

3. Sayur Lombok

Sayur lombok adalah masakan khas Jawa Timur yang terbuat dari tempe, cabai hijau, telur puyuh, dan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula merah, garam, dan santan. Cara membuatnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menumis bumbu halus, lalu menambahkan tempe, telur puyuh, cabai hijau, dan santan. Masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental. Sayur lombok ini bisa Anda makan dengan nasi putih atau ketupat.

4. Tahu Goreng Saus Tiram

Tahu goreng saus tiram adalah menu yang simpel dan praktis. Anda hanya perlu menggoreng tahu cina yang sudah dipotong dadu, lalu menyiapkan saus tiram yang terbuat dari bawang putih, bawang bombay, cabai merah, saus tiram, garam, gula, dan air. Tuangkan saus tiram di atas tahu goreng, lalu taburi dengan daun bawang dan bawang goreng. Tahu goreng saus tiram ini bisa Anda hidangkan dengan nasi putih atau mie goreng.

5. Sup Telur Ceplok

Sup telur ceplok adalah menu sarapan yang simpel dan minim minyak. Anda hanya perlu merebus air dengan bawang putih, garam, merica, dan kaldu ayam, lalu menceplok satu per satu telur puyuh di dalamnya. Setelah telur matang, tambahkan caisim dan bumbu lainnya seperti gula, saus tiram, dan kecap ikan. Sup telur ceplok ini bisa Anda makan dengan nasi putih atau roti bakar.

Demikianlah 5 resep masakan rumahan yang mudah dan enak, cocok untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.

(*/Jeany)