Artikel dan UlasanKesehatanRagam

7 Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu

×

7 Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu

Sebarkan artikel ini
Manfaat Ikan Gabus
Ikan Gabus (Foto: Dok. mongabay.co.id)

Manfaat ikan gabus bagi kesehatan sangat berguna sekali dan wajib Anda tahu. Ikan gabus, yang juga dikenal dengan berbagai nama seperti haruan, bogo, atau Channa striata, adalah ikan air tawar yang sering dijumpai di Indonesia. Ikan ini tidak hanya lezat tetapi juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut 7 manfaat ikan gabus bagi kesehatan:

1. Sumber Protein yang Tinggi

Ikan gabus adalah sumber protein yang sangat baik. Dengan mengonsumsi 100 gram ikan gabus, Anda bisa memperoleh sekitar 16,2 gram protein. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan pembentukan otot, serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Zat albumin yang terkandung dalam ikan gabus memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ikan gabus dapat mempercepat penyembuhan luka pasca-operasi dan luka pascapersalinan caesar.

3. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Albumin juga berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ini mencegah kondisi seperti asites, yang menyebabkan penumpukan cairan.

4. Meningkatkan Stamina

Ikan gabus dapat meningkatkan stamina tubuh, menjadikannya makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum berolahraga.

5. Membangun Massa Otot

Protein dalam ikan gabus tidak hanya meningkatkan stamina tetapi juga membantu membangun massa otot, terutama jika dikombinasikan dengan latihan beban.

6. Mencegah Osteoporosis

Ikan gabus kaya akan kalsium, fosfor, dan protein yang menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

7. Sumber Asam Amino Glycine

Asam amino glycine yang terkandung dalam ikan gabus berperan dalam pembentukan jaringan kulit dan produksi kolagen, yang penting untuk penyembuhan luka.

Cara Mengkonsumsi Ikan Gabus untuk Kesehatan

Ikan gabus dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat dan sehat. Berikut ini adalah beberapa metode pengolahan ikan gabus:

1. Sup Ikan Gabus

Sup ikan gabus adalah pilihan yang baik karena mudah dicerna dan dapat diperkaya dengan berbagai sayuran yang baik untuk pemulihan pasca operasi atau untuk menjaga kesehatan secara umum. Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, bawang bombai, dan daun seledri untuk menambah nilai gizi.

2. Ikan Gabus Bakar

Ikan gabus juga bisa diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Ini adalah pilihan yang lebih rendah lemak daripada menggorengnya, dan bisa menjadi alternatif yang lebih sehat.

3. Ikan Gabus Goreng

Meskipun gorengan tidak selalu menjadi pilihan yang paling sehat, ikan gabus goreng tetap menjadi favorit banyak orang. Untuk versi yang lebih sehat, gunakan minyak yang berkualitas baik dan jangan menggoreng terlalu lama.

4. Olahan Lainnya

Selain metode di atas, ikan gabus juga bisa diolah menjadi berbagai masakan lain sesuai dengan selera Anda, seperti dibuat pepes, dimasak dengan saus, atau bahkan dijadikan abon.

Manfaat-manfaat ini menunjukkan bahwa ikan gabus adalah makanan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi tetapi juga mendukung berbagai aspek kesehatan. Dengan demikian, ikan gabus layak untuk dijadikan bagian dari pola makan sehat Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang nilai gizi dari ikan gabus.

(*/Jeany)