Artikel dan UlasanEdukasiKesehatanOlahragaRagam

7 Manfaat Senam Kegel untuk Vitalitas dan Kesehatan

×

7 Manfaat Senam Kegel untuk Vitalitas dan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Manfaat Senam Kegel untuk Vitalitas dan Kesehatan
Ilustrasi Wanita Senam (Foto: Pixabay)

Tidak hanya untuk wanita, ternyata manfaat senam kegel untuk vitalitas dan kesehatan bisa juga untuk pria. Senam Kegel, yang awalnya dikembangkan oleh Dr. Arnold Kegel pada tahun 1940-an, merupakan serangkaian latihan yang dirancang untuk memperkuat otot panggul bawah, terutama otot pubococcygeus (PC). Meskipun sering kali dikaitkan dengan wanita, latihan ini juga bermanfaat bagi pria. Senam Kegel tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu, tetapi juga meningkatkan vitalitas dan kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah 7 manfaat Senam Kegel untuk vitalitas dan kesehatan:

1. Meningkatkan Kontrol Kandung Kemih

Senam Kegel membantu memperkuat otot-otot panggul bawah, yang dapat meningkatkan kontrol kandung kemih. Baik bagi pria maupun wanita, latihan ini dapat membantu mengurangi atau mencegah inkontinensia urin, baik itu inkontinensia urin stress maupun urge.

2. Mendukung Kesehatan Seksual

Otot-otot yang kuat di area panggul dapat meningkatkan kualitas ereksi pada pria dan meningkatkan sensasi seksual pada wanita. Senam Kegel juga dapat membantu menunda ejakulasi pada pria, memberikan kontrol yang lebih baik dalam hal waktu ejakulasi.

3. Mempercepat Pemulihan Pasca Melahirkan

Bagi wanita yang baru saja melahirkan, Senam Kegel dapat membantu mempercepat proses pemulihan otot panggul. Ini dapat membantu mengurangi risiko masalah seperti prolaps organ panggul dan inkontinensia urin pasca melahirkan.

4. Meningkatkan Stamina Panggul

Otot panggul yang kuat adalah kunci vitalitas seksual dan kesehatan panggul secara keseluruhan. Dengan menguatkan otot-otot ini melalui Senam Kegel, seseorang dapat meningkatkan stamina panggul, yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan selama aktivitas seksual.

5. Mengurangi Risiko Masalah Panggul Terkait Usia

Saat seseorang menua, otot-otot panggul cenderung melemah, yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti inkontinensia urin dan prolaps organ panggul. Senam Kegel dapat membantu mengurangi risiko ini dengan menjaga kekuatan dan elastisitas otot panggul.

6. Meningkatkan Kesadaran Tubuh

Melakukan Senam Kegel melibatkan kesadaran akan otot-otot panggul dan kemampuan untuk mengendalikannya. Ini membantu meningkatkan kesadaran tubuh secara keseluruhan, yang dapat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

7. Membantu Mencegah Disfungsi Seksual

Baik pada pria maupun wanita, Senam Kegel dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko disfungsi seksual seperti disfungsi ereksi pada pria dan dispareunia (nyeri saat berhubungan seksual) pada wanita.

8. Menyembuhkan dan Mencegah Cidera Panggul

Senam Kegel tidak hanya bermanfaat untuk memperkuat otot-otot panggul, tetapi juga dapat membantu mencegah dan menyembuhkan cidera panggul, termasuk cidera olahraga dan trauma panggul lainnya.

Dengan konsistensi dan dedikasi dalam melakukan Senam Kegel secara teratur, seseorang dapat menikmati manfaat yang signifikan untuk vitalitas dan kesehatan panggul mereka. Penting untuk dicatat bahwa konsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai program Senam Kegel, terutama jika ada kondisi kesehatan yang sudah ada, sangatlah disarankan.

(*/Jeany)