Ragam  

Air Terjun Blawan Bondowoso, Keindahan di Celah Lembah

Air Terjun Blawan Bondowoso
Air Terjun Blawan Bondowoso, Keindahan di Celah Lembah (ig explore_surabaya)

Air Terjun Blawan Bondowoso menawarkan sebuah fenomena alam yang sungguh menarik. Keunikan utamanya terletak pada cara air dari air terjun ini langsung menyatu dengan permukaan tanah, menciptakan pemandangan yang benar-benar unik.

Terletak dalam kompleks yang sama dengan pemandian air panas Blawan, air terjun ini juga menjadi bagian integral dari geosite yang menakjubkan dalam Ijen Geopark. Pesona alamnya yang luar biasa seringkali menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahannya secara langsung.

Air Terjun Blawan Bondowoso, Pesona Alam dengan Keindahan Menawan

Tinggal di negara Indonesia tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri untuk banyak orang. Hal itu karena Indonesia memiliki berbagai keindahan alam yang cukup populer pada wilayah nusantara.

Bahkan banyak keindahan alam Indonesia juga terkenal sampai ke luar negeri. Salah satu kabupaten yang berada di wilayah Jawa Timur yaitu Bondowoso juga memiliki wisata alam yang menawan.

Wisata alam yang menawan tersebut tersebar ke seluruh penjuru kota Bondowoso yang nyaman dan tenang. Salah satu wisata alam yang cocok untuk Anda kunjungi ketika berkunjung ke Bondowoso yaitu air terjun Blawan.

Air terjun Blawan memang terkenal dengan pesona dan keindahannya yang mampu memikat hati para pengunjung. Wilayah air terjun dengan banyak pepohonan tentunya mampu menghadirkan udara yang sejuk nan segar.

Hal itu tentunya bisa membuat pikiran yang sedang terasa penat akibat aktivitas keseharian menjadi lebih tenang. Air terjun yang terletak di Dusun Rengaherjo, Kalianyar, Sempol, Bondowoso ini juga menawarkan keunikan tersendiri.

Pemandangan Air Terjun Masih Alami

Air terjun di kawasan Ijen Geopark memiliki pesona dan keunikan yang tak tertandingi. Perjalanan menuju lokasi air terjun Blawan Bondowoso ini saja sudah memberikan panorama yang memukau, dengan pemandangan gunung, perbukitan, dan hutan yang memesona di sepanjang jalan.

Baca juga:  Menelusuri Jejak Sejarah Situbondo, Dari Legenda Pangeran hingga Era Modern

Setibanya di area parkir, pengunjung disambut dengan aliran air panas dari Kali Pahit atau Sungai Banyupait. Saat berjalan menuju air terjun, Anda akan merasakan suhu aliran air yang khas. Turun dari tangga curam setelah melewati pohon besar, terdapat pancuran air dari pipa besi yang mengalir hangat, mengundang untuk merasakannya.

Lokasi air terjun ini tersembunyi di antara lembah kecil dan pepohonan rindang, memberikan pandangan yang memesona terhadap keanggunan Air Terjun Blawan. Keunikan air terjun ini terletak pada strukturnya yang tidak lazim; berbeda dari air terjun biasanya yang airnya menghempas bebatuan di dasarnya.

Air terjun Blawan Bondowoso ini seolah masuk ke dalam rongga bumi, dengan dasarnya tersembunyi di dalam lubang dan airnya mengalir ke dalam rongga di bawahnya. Uniknya, aliran air ini bermuara di daerah Asembagus Situbondo, sehingga warga setempat menjulukinya sebagai ‘air terjun hilang ke bumi’.

Keindahan lainnya terletak pada debit air yang besar dan deras, yang saat berada di dekatnya, Anda bisa menyaksikan keganasan aliran air yang masuk ke dalam rongga bawah tanah. Suara gemuruhnya mampu membuat bulu kuduk merinding, menambah kesan megah dari air terjun setinggi sekitar 30 meter ini

Kolam Alami Air Panas

Wisata Air Terjun Blawan masih berada dalam satu kawasan kawah Ijen. Hal ini tidak mengherankan apabila air terjun mendapat semburan air panas dari gunung. Semburan air panas tersebut bisa menciptakan kolam alami yang memancarkan aroma khas belerang. Walaupun begitu setiap pengunjung masih bisa bermain dan berendam pada kolam air panas tersebut.

Setiap pengunjung gemar berendam kolam air panas untuk mendapatkan ketenangan dan juga menghilangkan rasa lelah. Hal ini tentu bisa menjadi pilihan yang tepat apabila Anda sudah lelah dengan aktivitas keseharian yang padat.

Baca juga:  Bukit Jabal Kirmit, Savana Bondowoso ala Selandia Baru

Fasilitas di Air Terjun Blawan

Air terjun Blawan Bondowoso terletak di lokasi yang agak tersembunyi, jauh dari pemukiman.

Namun, akses ke air terjun sangat mudah karena pihak pengelola telah menyediakan jalan kecil yang baik.

Untuk kebutuhan seperti toilet dan warung makan, wisatawan dapat menggunakan fasilitas yang disediakan oleh penduduk setempat, berjarak sekitar 200 meter dari air terjun Blawan.

Harga Tiket Masuk

Meskipun pesonanya luar biasa, pemerintah Bondowoso tidak memungut biaya masuk bagi wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun Blawan.

Ketika tiba di lokasi air terjun, wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar 2000 rupiah untuk roda dua dan 5000 rupiah untuk roda empat.

Wisata air terjun Blawan Bondowoso bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin melihat keindahan alam. Salah satu destinasi wisata Bondowoso ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga untuk menikmati kesegaran air dan udara alaminya.

 

* Ikuti berita terbaru 3titik.com di Google News klik disini jangan lupa di follow.