Ragam  

Air Terjun Telunjuk Raung Banyuwangi Keindahan di Kaki Bukit

Air Terjun Telunjuk Raung
Air Terjun Telunjuk Raung Banyuwangi Keindahan di Kaki Bukit (salsawisata.com)

Air Terjun Telunjuk Raung adalah salah satu destinasi wisata paling populer yang cukup menarik di Banyuwangi. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan adanya air terjun indah yang alami. Tepatnya berada di sebelah timur lereng Gunung Raung. Tempat wisata ini dinamakan dengan Telunjuk Raung karena memiliki bentuk tegak lurus layaknya jari telunjuk.

Sedangkan adanya Raung karena berada di lereng gunung Raung. Air terjun menawarkan air yang sangat jernih, segar, dan dingin. Hal ini karena air berasal dari sumber mata air yang alami dari pegunungan. Sehingga cukup aman untuk menikmati indahnya air terjun dari jarak dekat.

Destinasi Air Terjun Telunjuk Raung di Banyuwangi

Telunjuk Raung menjadi pilihan wisata yang tepat bagi para pecinta alam yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat bermain air di bawah air terjun. Bahkan sekedar duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan yang indah. Air Terjun ini menawarkan kesejukan dan keindahan alam yang tiada dua.

Suara gemuruh air terjun berpadu dengan kicauan burung di tengah hutan yang lebat, menciptakan suasana yang begitu damai dan menenangkan. Di sekitar air terjun, terdapat bebatuan besar yang tersusun secara alami.

Sehingga pengunjung dapat duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan yang indah. Untuk Anda yang menginginkan berwisata, berkunjunglah ke destinasi wisata yang satu ini. Berikut ini ada informasi mengenai wisata air terjun Telunjuk Raung.

Lokasi

Air Terjun Telunjuk Raung terletak di Desa Songgon, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya sekitar 45 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari pusat kota Banyuwangi, arahkan kendaraan menuju Kecamatan Songgon. Setelah melewati Kecamatan Songgon, arahkan kendaraan menuju Desa Songgon.

Baca juga:  Pesona Taman Nasional Baluran Situbondo dan Informasi Harga Tiket

Selanjutnya sampai di Desa Songgon, ikuti petunjuk arah menuju Air Terjun. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat naik bus jurusan Banyuwangi-Songgon. Setelah sampai di Kecamatan Songgon, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau kendaraan sewaan.

Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak di tengah hutan yang lebat selama sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi air terjun. Jalan setapak ini sudah cukup baik dan mudah dilalui.

Harga Tiket dan Jam Buka

Tiket masuk Air Terjun Telunjuk Raung adalah Rp5.000 per orang. Harga tiket ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Air Terjun buka setiap hari, mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Saat Anda ingin berkunjung ke air terjun di Banyuwangi cobalah berkunjung saat jam operasional. Dengan harga tiket yang murah, nikmati indahnya destinasi wisata air terjun di Banyuwangi.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Telunjuk Raung Banyuwangi cukup memadai. Tempat parkir di air terjun  cukup luas, dapat menampung sekitar 200 kendaraan roda dua dan 50 kendaraan roda empat. Selain itu, terdapat toilet di cukup bersih dan nyaman digunakan.

Di sekitar air terjun terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat atau sekedar duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan. Bahkan terdapat beberapa warung makan dan minum yang dapat menyediakan kebutuhan makanan dan minuman pengunjung.

Air terjun memiliki arus yang cukup deras. Untuk itulah berhati-hatilah saat bermain di bawah air terjun. Dengan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, kita dapat menikmati keindahan Air Terjun Telunjuk Raung Banyuwangi untuk jangka waktu yang lama. Sehingga destinasi wisata bisa dinikmati sepanjang masa.

Baca juga:  Tanjung Papuma Jember, Eksotisme Pantai Terbaik di Jawa

 

* Ikuti berita terbaru 3titik.com di Google News klik disini jangan lupa di follow.