BeritaInternasionalTeknologi

Apple Siap Unjuk Gigi dengan AI di WWDC 2024

×

Apple Siap Unjuk Gigi dengan AI di WWDC 2024

Sebarkan artikel ini
Apple WWDC
Acara Apple WWDC Tahun 2023. (Foto: Dok. Apple)

CALIFORNIA, USA – Apple akan menyelenggarakan Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun ini, yang dijadwalkan berlangsung dari 10 hingga 14 Juni 2024. Acara ini merupakan ajang berkumpulnya para pengembang aplikasi dan biasanya menjadi tempat Apple memperkenalkan versi terbaru dari sistem operasinya, termasuk iOS, iPadOS, macOS, watchOS, tvOS, dan visionOS, serta mengumumkan perangkat keras terbaru. Edisi WWDC 2024 ini dikabarkan akan menonjolkan kecerdasan buatan (AI) sebagai sorotan utama.

Indikasi bahwa Apple akan mengutamakan AI pada WWDC 2024 dapat dilihat dari cuitan Greg Joswiak, Senior Vice President Apple, di akun X (sebelumnya Twitter). Dia menyebut acara tersebut akan ‘Absolutely Incredible’ atau ‘AI’, yang juga merupakan singkatan dari Artificial Intelligence.

Susan Prescott, Vice President Worldwide Developer Relations Apple, menyatakan antusiasme perusahaan untuk bertemu dengan pengembang dari seluruh dunia dan berbagi tentang teknologi serta komunitas di WWDC24, melalui pernyataan resmi yang dirilis pada Rabu (27/3).

WWDC Apple
WWDC Apple 2024 (Foto: Dok. Apple)

Berdasarkan laporan dari TheVerge, Apple telah menginvestasikan jutaan dolar setiap hari untuk pengembangan model AI mereka. Perusahaan juga dilaporkan telah mendekati beberapa media untuk membentuk kemitraan konten berita. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Apple mungkin akan berkolaborasi dengan Google, OpenAI, Anthropic, dan Baidu di China untuk menyediakan fitur AI berbasis cloud, namun tetap memprioritaskan fitur generatif pada perangkatnya sendiri.

Dikutip dari Bloomberg, Apple berpotensi membuka ekosistemnya bagi pengembang AI, dengan harapan mereka dapat mengintegrasikan produknya lebih dalam ke dalam ekosistem perangkat Apple.

Selain itu, terdapat rumor bahwa Apple akan memperkenalkan beberapa pembaruan, seperti kemampuan baru yang memungkinkan pengguna menempatkan ikon aplikasi di mana saja pada layar beranda iPhone, serta penambahan shortcut untuk fitur aksesibilitas baru. Dua model AirPods baru juga diperkirakan akan diumumkan oleh Apple pada WWDC 2024.

Namun, semua informasi ini masih bersifat spekulatif, karena Apple belum mengungkapkan secara detail tentang pembaruan yang akan diperkenalkan pada WWDC 2024. Acara tersebut dapat disaksikan secara online melalui aplikasi, situs web, dan kanal YouTube Apple Developer.

(*/Red/Tim)