Artikel dan UlasanRagamTeknologi

ASUS AIO A5 (A5402), Solusi All-in-One PC untuk Gaya Hidup Modern

×

ASUS AIO A5 (A5402), Solusi All-in-One PC untuk Gaya Hidup Modern

Sebarkan artikel ini
ASUS AIO A5
ASUS AIO A5 (A5402) (Foto: Dok. Asus.com)

Komputer personal yang terintegrasi dengan monitor dan speaker dalam satu unit, dikenal sebagai All-in-One PC seperti ASUS AIO A5 (A5402), kini menjadi semakin penting. Hal ini disebabkan oleh perubahan gaya hidup modern yang membutuhkan keseimbangan antara performa, estetika, dan kenyamanan.

Ada berbagai alasan mengapa All-in-One PC menjadi semakin populer. Misalnya, jenis komputer ini menawarkan solusi hemat ruang saat ruang rumah atau kantor menjadi semakin sempit. Komputer ini tidak memerlukan banyak ruang, sehingga masih ada ruang kosong di meja kerja atau ruang keluarga untuk keperluan lain.

All-in-One PC juga memiliki desain minimalis yang menarik bagi pengguna yang menghargai estetika modern dan ruang kerja yang teratur. Manajemen kabel sangat minimal, yang membantu menciptakan lingkungan kerja yang rapi. All-in-One PC juga menawarkan fleksibilitas penggunaan. Komputer ini dapat digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari produktivitas di kantor hingga hiburan di rumah. Kemudahan dalam memindahkannya dari satu ruang ke ruang lain menambah fleksibilitas penggunaan.

Performa All-in-One PC juga tidak kalah dengan desktop. Komputer ini masih dapat menawarkan performa yang cukup untuk multi-tasking sehari-hari, mulai dari bekerja dengan aplikasi produktivitas, berselancar di internet, hingga streaming drama Korea.

ASUS AIO A5 (A5402) Semua kebutuhan tersebut dapat dipenuhi oleh ASUS AIO A5 (A5402). All-in-One PC ini telah diluncurkan di pasar Indonesia sejak Desember 2023.

ASUS menyebut AIO A5 sebagai monitor yang menjadi komputer. Komponen-komponen komputer seperti prosesor, memori, dan lainnya ditempatkan di belakang monitor, sehingga menjadi PC yang lengkap dan dapat digunakan untuk kebutuhan kerja hingga hiburan. “Inovasi ASUS tidak hanya di ranah laptop tetapi juga all-in-one PC, dan ASUS AIO A5 adalah salah satu bentuk inovasi tersebut,” kata Regional Director, ASUS Southeast Asia, Jimmy Lin, dalam pernyataan resmi.

“ASUS AIO A5 telah dilengkapi dengan berbagai teknologi modern dan dirancang untuk kenyamanan penggunaan dalam berbagai skenario, sehingga cocok untuk digunakan sebagai perangkat kerja dan hiburan. (Jimmy Lin, Regional Director, ASUS Southeast Asia)

ASUS AIO A5 hadir dengan desain yang ramping dan minimalis, memudahkan pengguna menempatkannya di berbagai sudut ruangan. Monitor komputer ini menggunakan layar berukuran 23,8 inci dengan bezel tipis dan resolusi FHD, serta telah tersertifikasi TÜV Rheinland, yang menjamin kenyamanan mata pengguna saat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

All-in-One PC ini dilengkapi dengan kamera FHD yang menawarkan kualitas visual yang lebih jernih dan memudahkan komunikasi jarak jauh, seperti video konferensi di GMeet atau Zoom. ASUS AIO A5 juga didukung Wi-Fi 6E untuk koneksi internet yang lebih cepat dan stabil, serta Bluetooth 5 untuk koneksi wireless yang lebih efisien. ASUS juga menyediakan Built in VESA Mount yang memungkinkan AIO A5 dapat dipasang di dinding. Ini memberikan fleksibilitas lebih dalam mengatur ruang kerja.

Komputer ini sudah ditenagai dengan prosesor generasi terbaru 13th Gen Intel® Core™ i7-1360P sebagai dapur pacunya. Chip dengan konfigurasi 12 core dan 16 thread ini mampu menghadirkan performa komputasi cepat untuk aktivitas sehari-hari, mulai dari mengerjakan tugas sekolah, bekerja secara online, hingga menikmati hiburan digital atau multimedia. Performanya didukung oleh memori DDR4 3200MHz 16 GB, yang kapasitasnya masih bisa di-upgrade hingga 32 GB melalui dua slot SO-DIMM. Selain itu, AIO A5 memiliki sistem triple storage yang memungkinkannya menampung hingga tiga media penyimpanan data: Dua M.2 PCIe 4.0 SSD dan satu SATA HDD/SSD.

Monitor ASUS AIO A5 menawarkan berbagai pilihan konektivitas. Selain Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3, komputer ini juga menyediakan berbagai port untuk koneksi kabel, termasuk USB Type-A dan Type-C, HDMI out, RJ45 gigabit ethernet, 3.5mm combo audio jack, dan bahkan port USB Type-C Thunderbolt™ 4. Yang menarik, ASUS AIO A5 juga dilengkapi dengan port HDMI in, yang memungkinkan komputer ini dapat berfungsi sebagai monitor tambahan untuk komputer lain. ASUS AIO A5 dilengkapi dengan fitur Two Way AI Noise-Cancellation yang dapat mengurangi suara bising di sekitar pengguna, sehingga komunikasi online seperti Zoom, GMeet, dan lainnya dapat berjalan dengan lancar.

Komputer ini juga dilengkapi dengan speaker stereo terintegrasi berkualitas tinggi yang menghasilkan suara yang jernih dan detail, serta memberikan dimensi suara yang lebih luas dan imersif. Selain itu, ASUS AIO A5 juga dilengkapi dengan subwoofer yang dapat meningkatkan kedalaman bass, menghasilkan suara yang lebih kaya dan penuh. ASUS juga telah menyertakan dukungan Dolby Atmos untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan, memungkinkan suara terdistribusi dengan lebih dinamis dan ruang yang lebih terdefinisi, memberikan kesan mendalam dan realistis pada setiap konten audio yang diputar.

Harga ASUS AIO A5 (A5402) di Indonesia

ASUS AIO A5 (A5402) dijual di Indonesia dengan harga Rp 25.699.000. Paket penjualan sudah termasuk keyboard dan mouse bawaan, stylus, serta garansi 2 tahun dan 1 tahun ASUS Perfect Warranty.

(*/Red)

*Dari berbagai sumber