Artikel dan UlasanBisnisEdukasiRagam

Bentuk Badan Usaha di Indonesia, Apa Saja Jenis-Jenisnya?

×

Bentuk Badan Usaha di Indonesia, Apa Saja Jenis-Jenisnya?

Sebarkan artikel ini
Badan Usaha di Indonesia
Ilustrasi

Badan usaha di Indonesia apa saja?. Badan usaha adalah kesatuan organisasi dan ekonomis yang mempunyai tujuan untuk memperoleh laba atau keuntungan dan memberikan layanan pada masyarakat. Bentuk-bentuk badan usaha di Indonesia bermacam-macam, tergantung pada kegiatan, kepemilikan modal, dan wilayah negara. Berikut adalah penjelasan singkat tentang beberapa bentuk badan usaha yang ada di Indonesia.

Koperasi

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Koperasi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya, bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi dapat bergerak di berbagai bidang, seperti pertanian, perikanan, perindustrian, perdagangan, simpan pinjam, dan lain-lain.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Badan usaha milik negara (BUMN) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. BUMN dibentuk untuk menjalankan kegiatan usaha yang menguntungkan dan bermanfaat bagi masyarakat dan negara. BUMN dapat berbentuk perusahaan umum (perum), perusahaan perseroan (persero), atau perusahaan jawatan (perjan).

Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Badan usaha milik swasta (BUMS) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh swasta, baik perseorangan maupun badan hukum. BUMS dibentuk untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan memanfaatkan peluang pasar. BUMS dapat berbentuk perseorangan, firma, commanditaire vennootschap (CV), perseroan terbatas (PT), atau joint venture.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Badan usaha milik daerah (BUMD) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. BUMD dibentuk untuk meningkatkan pendapatan daerah, mengembangkan potensi daerah, dan memberikan pelayanan publik. BUMD dapat berbentuk perusahaan daerah (PD), perusahaan umum daerah (perumda), atau perusahaan perseroan daerah (perseroda).

Demikian artikel singkat tentang bentuk-bentuk badan usaha di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

(*/Jeany)