Berita  

Berikan Kontribusi untuk Ekosistem Pertanian yang Kuat, Eratani dan Politeknik Pertanian Gowa Resmi Jalin Kerja Sama

Gowa, 27 Juni 2024 – Eratani, perusahaan agritech yang memiliki misi untuk membangun ekosistem pertanian yang kuat melalui dukungan secara holistik, resmi menjalin kerja sama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa (Polbangtan Gowa). Kerja sama ini bertujuan untuk mendorong percepatan inovasi dan pengembangan sektor pertanian di Indonesia melalui kolaborasi yang erat dan sinergis.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani oleh Direktur Polbangtan Gowa, Dr. Detia Tri Yunandar, SP., M.Si, dan perwakilan Eratani, yaitu Muhammad Aksan selaku Region Lead Sulawesi Eratani di hadapan para pemangku kepentingan dari kedua belah pihak. Seremoni tersebut menandai langkah penting dalam upaya bersama untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi sektor pertanian di Indonesia.

Dalam sambutannya, Muhammad Aksan, Region Lead Sulawesi Eratani, menegaskan komitmen Eratani dalam mendukung sektor pertanian. “Tantangan yang dihadapi sektor pertanian Indonesia membutuhkan solusi yang terintegrasi dan holistik, mencakup semua tahap proses pertanian dari hulu ke hilir. Eratani siap menjadi mitra strategis dalam menghadirkan solusi inovatif yang berfokus pada keberlanjutan dan efisiensi pertanian.”

Direktur Polbangtan Gowa, Dr. Detia Tri Yunandar, SP., M.Si, menyambut baik inisiatif tersebut dan mengungkapkan harapannya terhadap kemitraan dengan Eratani. “Kami sangat mengapresiasi kerja sama ini dan berharap kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan produktivitas pertanian serta kesejahteraan petani di wilayah kami,” ungkapnya.

Photo caption: Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa (Polbangtan Gowa)

Berdasarkan data, Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah penghasil beras terbesar di Pulau Sulawesi. Pada November 2023, daerah tersebut telah memproduksi padi sekitar 4,94 juta ton GKG, dengan produksi beras mencapai 2,84 juta ton. Potensi besar ini, ditambah dengan teknologi dan inovasi yang dibawa oleh Eratani, diharapkan dapat mengoptimalkan produktivitas dan efisiensi pertanian di wilayah tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan sinergi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat.

Baca juga:  OT Group Gandeng RevComm untuk Tingkatkan Layanan Konsumen

Polbangtan Gowa, sebagai perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, memiliki peran strategis dalam pengembangan sumber daya manusia di sektor pertanian. Institusi tersebut berfokus pada pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta berupaya mencetak tenaga kerja yang kompeten dan siap menghadapi tantangan pertanian modern. Polbangtan Gowa juga dikenal dengan berbagai program unggulannya yang berorientasi pada praktik pertanian berkelanjutan dan inovatif. Dengan komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan dan pemberdayaan petani, Eratani bersama Polbangtan Gowa siap menghadirkan perubahan nyata dalam sektor pertanian di Indonesia.

* Ikuti berita terbaru 3titik.com di Google News klik disini jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES