Artikel dan UlasanEdukasiGaya HidupTeknologi

Cara Mengatasi Hp Lemot dan Penyebabnya

×

Cara Mengatasi Hp Lemot dan Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Hp Lemot dan Penyebabnya
Cara Mengatasi Hp Lemot dan Penyebabnya

Jaman sekarang keberadaan android di masyarakat semakin tumbuh pesat. Tidak hanya dalam bentuk ponsel, Android kini juga hadir dalam bentuk komputer. Namun, salah satu masalah yang banyak dikeluhkan oleh pengguna hp adalah masalah hp yang lemot. Apa penyebab hp lemot?, Anda wajib mengetahui cara mengatasi hp lemot.

Penyebab Hp Lemot Yang Wajib Anda Ketahui

Sebelum mengetahui cara mengatasi hp lemot, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab utama hp lemot. Berikut penyebab hp menjadi lambat atau lemot :

Banyaknya Aplikasi yang Tidak Segera Ditutup

Aplikasi yang tidak segera di tutup akan jadi penyebab hp lemot, hal ini di karenakan bisa menguras kapasitas RAM hp Anda.

Cache yang Menumpuk

Cache yang dibuat dan tidak dibersihkan secara berkala dapat menyebabkan Android melambat.

RAM Yang Penuh

RAM yang penuh bisa membuat hp menjadi lemot. Perangkat seperti RAM ini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data yang sementara dan hanya bisa di gunakan saat perangkat.. Kapasitas RAM di Android sangat berpengaruh terhadap kecepatan pemprosesan data di Android.

Ruang Penyimpanan yang Sudah Penuh

Ruang penyimpanan yang sudah penuh menjadi salah satu penyebab hp menjadi lemot karena sistem yang sulit untuk berfungsi

Software yang Tidak Diupdate 

Software yang tidak diupdate juga menjadi salah satu penyebab hp menjadi lemot.  pembaruan yang terus-menerus dari berbagai aplikasi yang kemudian menyebabkan masalah dan memperlambat kinerja perangkat Anda.

Cara Mengatasi Hp Lemot yang Bisa Anda Lakukan

Lalu, bagaimanakah caranya mengatasi hp lemot agar performa HP tetap terjaga? Berikut ini penjelasanya.

Perhatikan Jumlah Memori

Setiap hp hadir dengan berbagai spesifikasi memori yang berbeda-beda. Selain RAM, kapasitas memori internal juga mempengaruhi kinerja hp. Ketika memori internal yang tersedia rendah, maka hp akan menjadi lambat.

Nah, untuk mengatasinya, sebaiknya jangan menyimpan data terlalu banyak hingga dapat memenuhi memori internal.

Gunakan Aplikasi Serbaguna

Dari pada Anda menginstall banyak aplikasi yang malah membuat memori internal penuh, lebih baik menginstall satu aplikasi namun terdapat banyak fungsi didalamnya.

Gunakan Aplikasi Antivirus Seperlunya

Jika Anda adalah salah satu pengguna yang mempercayai fungsi antivirus dari hp Anda, dan menginstal banyak aplikasi antivirus, Anda harus memperhatikan hal ini.

Dampaknya adalah RAM Anda terbuang sia-sia, dan kinerja Android menjadi lemot. Anda dapat membayangkan memasang lebih dari satu aplikasi antivirus di Android Anda, bukan? Nah itulah cara mengatasi android lemot hanya dengan menggunakan satu aplikasi antivirus.

Gunakan Aplikasi Berbayar

Menggunakan aplikasi gratis itu bagus. Anda tidak harus mengeluarkan uang. Namun, tahukah Anda bahwa menginstal aplikasi gratis sama dengan memiliki kelinci percobaan?

Karena dengan adanya aplikasi gratis ini, developer akan mendapatkan banyak review untuk mengetahui bug apa sajakah yang terjadi pada aplikasi tersebut. Selain menjadi sebagai kelinci percobaan, menggunakan aplikasi gratis juga dapat memperlambat hp Anda karena dari saking banyaknya iklan.

Nah, agar hp Anda tidak terganggu oleh iklan yang membuat kuota cepat habis dan hp menjadi lemot, gunakanlah aplikasi  yang premium atau berbayar.

Kurangi Penggunaan Widget

Salah satu hal yang membuat hp terlihat menarik adalah Widget. Tidak hanya memperindah tampilan home screen hp Anda, Widget juga berguna sebagai shortcut untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait tersebut.

Meskipun membuat tampilan hp terlihat bagus dan mempercepat akses ke aplikasi, Widget ini juga menghabiskan lebih banyak RAM. Akibatnya, hp Anda menjadi lemot dan lambat. Nah, oleh karena itu kurangi penggunaan Widget agar hp Android Anda tidak lemot lagi.

Kurangi Atau Nonaktifkan Animasi Di Android

Animasi merupakan salah satu pencuri RAM di perangkat Android Anda. Jadi, ini cara tercepat mengatasi hp lemot selanjutnya dengan cara mematikan animasi di menu Settings kemudian Developer Options.

Kemudian, ubah nilai skala animasi Windows, skala animasi Transisi, dan skala durasi Animator ke nilai yang paling kecil, atau matikan semuanya.

Hapus Cache Data

Cache adalah tempat untuk menyimpan sementara data dari aplikasi yang sedang Anda gunakan ataupun yang pernah Anda gunakan.

Dengan adanya cache pada hp, Anda akan dengan cepat membuka aplikasi yang pernah Anda gunakan sebelumnya. Namun, dibalik keuntungan tersebut, terdapat beberapa kerugian salah satunya cache yang dibiarkan menumpuk akan membuat Android lemot.

Hapus Cache Partition

Berbeda dengan cache data aplikasi, partisi cache berguna untuk menyimpan proses yang dilakukan oleh sistem. Jadi itu akan mempercepat proses hp Anda untuk bekerja. Namun, lama kelamaan partisi cache akan terus menumpuk sehingga bisa memperlambat kinerja hp Anda.

Agar hp Anda tetap berjalan cepat dan tidak lemot, Anda bisa menghapus partisi cache sebulan sekali dengan masuk ke Recovery Mode, kemudian pilih Wipe Cache Partition.

Matikan Sinkronisasi Otomatis

Untuk tetap terhubung dengan semua akun yang terpasang di hp, Anda harus mengaktifkan fitur Sinkronisasi Otomatis. Namun hal ini berdampak besar pada kinerja hp Anda. Jadi mematikan sinkronisasi otomatis sangat berguna untuk mengatasi masalah hp Anda yang lemot.

Untuk mengelola hp Anda agar tetap terhubung sewaktu-waktu penting, dan secara otomatis mematikan Sinkronisasi Otomatis selama jam luang Anda.

Gunakan Launcher Lain

Salah satu keunggulan Android yang membuatnya banyak digunakan adalah kemudahan kustomisasinya. Jika Anda bosan dengan tampilan perangkat OEM hp Anda, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi Launcher.

Selain untuk mengubah mood, mengganti launcher juga bisa untuk mengatasi hp Anda yang terasa lemot akibat UI bawaan hp Anda.

Ada banyak launcher menarik dan gratis yang bisa Anda dicoba di Google Playstore. Beberapa di antaranya tidak hanya untuk memberikan tampilan yang cantik dan indah serta fitur-fitur baru, tetapi juga dapat membuat Android lebih ringan dan lebih cepat bila digunakan.

Lakukan Factory Reset

Mungkin Anda sudah sering melakukan Factory Reset. Mungkin saja Anda melakukannya hanya karena ada masalah dengan hp Anda.

Meskipun Factory Reset ini di hpsarankan untuk dilakukan secara rutin. Reset pabrik ini bertujuan untuk membersihkan semua yang menumpuk di hp Anda. Anda dapat melakukan Factory Reset dengan cara pilih menu Setting – Backup & reset – Factory data reset.

Gunakan ROM Kustom

Selain menggunakan launcher, salah satu bentuk kustomisasi hp yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan custom ROM.

Dengan menggunakan ROM kustom ini, Anda dapat menikmati ROM lain yang memiliki peningkatan performa sekaligus mencoba sistem operasi terbaru yang mungkin belum tersedia untuk perangkat hp Anda.

Hapus Aplikasi yang Jarang Terpakai

Menghapus aplikasi yang jarang terpakai. Penting Anda tahu bahwa terlalu banyak aplikasi dapat membuat ponsel mudah hang dan menjadi lemot.

Penutup

Itulah pembahasan penyebab hp lemot dan cara mengatasinya. Namun perlu Anda ingat, bahwa performa Android tidak selalu ditentukan oleh RAM yang besar. Namun, itu juga tergantung pada bagaimana Anda mempertahankan kinerja perangkat hp Anda.

(*/Jeany)