Artikel dan UlasanEdukasiOtomotifRagam

Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet dan Nyaman

×

Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet dan Nyaman

Sebarkan artikel ini
Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet dan Nyaman
Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet dan Nyaman

Cara merawat motor matic agar tetap awet dan nyaman adalah keharusan, supaya motor kesayangan Anda selalu tampil prima. Motor matic adalah salah satu jenis kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Motor matic memiliki kelebihan seperti mudah dikendarai, hemat bahan bakar, dan praktis. Namun, motor matic juga membutuhkan perawatan yang baik agar tetap awet dan nyaman. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor matic Anda:

Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet dan Nyaman

Periksa tekanan angin ban secara rutin

Tekanan angin ban yang tidak sesuai dengan standar bisa menyebabkan ban cepat aus, konsumsi bahan bakar meningkat, dan kenyamanan berkendara berkurang. Anda bisa mengecek tekanan angin ban di bengkel terdekat atau menggunakan alat pengukur tekanan angin ban yang bisa dibeli di toko aksesoris. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan yang tertera di buku manual atau di bodi motor.

Ganti oli mesin secara berkala

Oli mesin adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk melumasi, mendinginkan, dan membersihkan mesin. Oli mesin yang kotor atau kurang bisa menyebabkan mesin menjadi panas, berisik, dan berpotensi rusak. Anda bisa mengganti oli mesin sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pabrikan atau setiap 2.000 km. Gunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda dan jangan mencampur oli mesin yang berbeda merek atau jenis.

Bersihkan filter udara secara teratur

Filter udara adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar mesin. Filter udara yang kotor atau tersumbat bisa mengurangi performa mesin, meningkatkan emisi gas buang, dan mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Anda bisa membersihkan filter udara dengan cara melepasnya dari kotak filter udara, kemudian mengetuknya untuk mengeluarkan debu dan kotoran. Jika filter udara sudah terlalu kotor atau rusak, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Lakukan tune up secara berkala

Tune up adalah proses penyetelan dan pengecekan komponen-komponen mesin seperti busi, karburator, injektor, klep, dan lain-lain. Tune up bertujuan untuk meningkatkan performa, efisiensi, dan daya tahan mesin. Anda bisa melakukan tune up di bengkel resmi atau bengkel langganan Anda. Frekuensi tune up tergantung pada kondisi mesin dan pemakaian motor Anda. Biasanya, tune up dilakukan setiap 6 bulan atau 10.000 km.

Perhatikan komponen lain seperti vbelt, rem, lampu, dan aki

Selain mesin, Anda juga perlu merawat komponen-komponen lain yang berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan berkendara. Anda bisa mengecek dan membersihkan vbelt secara rutin, mengganti kampas rem jika sudah tipis, mengganti lampu jika sudah redup, dan mengisi aki jika sudah lemah. Jika ada komponen yang rusak atau aus, segera ganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Dengan melakukan perawatan motor matic secara rutin dan benar, Anda bisa menjaga motor Anda tetap awet dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menghemat biaya perbaikan dan mengurangi risiko kecelakaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

(*/Jeany)