Berita

CFD Situbondo Tetap Berjalan, Tanpa Sentuhan Politik Selama Masa Tenang Pemilu 2024

×

CFD Situbondo Tetap Berjalan, Tanpa Sentuhan Politik Selama Masa Tenang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
CFD Situbondo
Ketua Paguyuban CFD Situbondo, Khairdianta: "CFD harus tetap berjalan seperti biasanya tanpa ada nuansa politik" (Foto: by Tim)

SITUBONDO – Memasuki masa tenang Pemilu 2024, dari tanggal 11 hingga 14 Februari, segala aktivitas politik, termasuk kampanye di media sosial, dilarang untuk dilakukan oleh semua partai politik.

Meski demikian, pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Situbondo masih dapat berlangsung dengan catatan bahwa kegiatan hiburan seperti senam dan musik tidak diperkenankan, bertujuan untuk menjaga ketenangan selama masa tenang.

Edi Wiyono, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Situbondo, menegaskan bahwa para pedagang yang berpartisipasi dalam CFD harus menyampaikan pernyataan tertulis, menjamin bahwa mereka tidak akan melakukan kampanye politik selama berdagang, sebagai langkah untuk mencegah penyalahgunaan kegiatan tersebut untuk kepentingan politik.

“Kami meminta kepada pedagang di CFD untuk menjaga kebersihan dan menyadari adanya penilaian Adipura pada hari itu,” tegas Edi Wiyono pada Jumat, 09 Februari 2024.

Sementara itu, Khairdianta, Ketua Paguyuban CFD Situbondo, menekankan bahwa CFD harus tetap berjalan tanpa adanya sentuhan politik, karena tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Pedagang di CFD dihimbau untuk tidak memasang stiker partai politik atau calon legislatif di lapak mereka mengingat masa tenang pemilu dan penilaian Adipura yang berlangsung pada hari tersebut.

“Pelaksanaan CFD Situbondo pada Minggu ini akan tetap berlangsung normal, fokus pada peningkatan ekonomi masyarakat. Kami sudah mengingatkan kepada seluruh pedagang untuk menjauhkan unsur politik dan menjaga kebersihan lapak mereka, terutama mengingat hari itu adalah masa tenang,” pungkasnya.

Semua pedagang CFD diharapkan untuk mematuhi aturan ini demi menjaga kelancaran, keamanan, dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu.

(*/Wienl)