Artikel dan UlasanOtomotifRagam

Deretan Mobil SUV Listrik dengan Fitur Khusus

×

Deretan Mobil SUV Listrik dengan Fitur Khusus

Sebarkan artikel ini
Mobil SUV Listrik
Deretan Mobil SUV Listrik dengan Fitur Khusus (Foto: Dok. hyundai.com)

Mobil SUV listrik menjadi salah satu bukti perkembangan teknologi dalam dunia otomotif. Untuk SUV sendiri mempunyai kepanjangan dari Sport Utility Vehicle. Merupakan model mobil listrik ramah lingkungan yang menawarkan berbagai keunggulan seperti halnya kemampuan off road, kenyamanan serta keamanannya.

Penggunaan jenis kendaraan tersebut juga menjadi pilihan untuk perjalanan yang lebih nyaman dan hemat. Tidak heran apabila harga dari kendaraan SUV bertenaga listrik tersebut dibanderol dengan harga yang cukup fantastis.

Fitur Mobil SUV Listrik

Sumber tenaga dari jenis kendaraan roda empat tersebut adalah baterai. Nantinya baterai harus diisi ulang secara berkala ke stasiun pengisian listrik. Meskipun harganya cukup fantastis tetapi untuk biaya operasionalnya lebih terjangkau. Karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk bensin. Tambah lagi model kendaraan tersebut juga ramah lingkungan karena nol emisi gas rumah kaca.

Fitur utama berupa sistem pengisian cepat, teknologi tersebut juga memungkinkan baterai mobil itu bisa diisi dalam waktu yang singkat menggunakan charger standar. Ada juga fitur mode berkendara Eco yang apabila mengaktifkan mode ini membuat mobil tersebut bisa memberikan efisiensi yang lebih maksimal tidak hanya meningkatkan jarak tempuh saja tetapi juga membantu mengurangi konsumsi energi dan menghemat biaya pengisian.

Fitur lain yang dimiliki oleh mobil SUV listrik adalah sistem navigasi pintar yang sudah terkoneksi dengan database pada stasiun pengisian listrik. Tidak boleh ketinggalan ada fitur kontrol suara serta asisten virtual. Adanya fitur tersebut, membuat pengemudi bisa mengontrol berbagai fungsi mobil seperti Entertainment dan pengaturan kabin juga navigasi hanya dengan perintah suara saja.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak mobil SUV listrik. Berikut ini beberapa rekomendasi kendaraan model SUV listrik.

Hyundai Ioniq 5

Rekomendasi pertama ada mobil SUV listrik Hyundai ioniq 5. Memiliki desain yang futuristik serta fitur canggih menyebabkan mobil ini menjadi pilihan bagi konsumen yang saat ini sedang mencari kendaraan ramah lingkungan. Mesin listrik yang digunakan menawarkan akselerasi cepat dan ketenangan.

Keistimewaan dari Hyundai ioniq 5 adalah teknologi pengisian daya cepat dengan jaminan baterai 8 tahun/160000 km. Segi interior dari produk Hyundai ini memiliki sentuhan modern dengan adanya layar head unit berukuran 12,4 inci, Hyundai smartsense dan premium relationship serta Vision roof. Untuk harganya mulai dari Rp 766 juta sampai rp 877 juta.

Mercedes Benz EQB

Berikutnya ada Mercedes Benz Benz EQB yang memiliki desain Iconic dengan baterai kualitas tinggi. Untuk penggunaan sehari-hari EQB ini juga menawarkan jangkauan yang lebih memadai  dan hanya membutuhkan satu kli pengisian dayauntuk perjalanan jarak jauh. Menggunakan baterai lithium ion double Decker 66,5 KWH. Baterai tersebut 10% sampai 80% selama 32 menit menggunakan fast charging 100 KW.

Interior mobil ini sangat mewah dan khas dari Mercedes. Tambah lagi dengan sistem infotainment yang canggih serta terdapat fitur kontrol suara dan keamanan yang sudah terintegrasi. Mobil SUV listrik ini dijual dengan harga Rp. 1,66 miliar

Toyota bZ4X

Masih ada produk Toyota seri bz4x yang juga merupakan mobil SUV listrik. Desainnya sangat aerodinamis dengan adanya garis-garis tajam yang menjadi karakteristik SUV modern. Tambah lagi adanya performa yang tidak kalah impresif serta baterai lithium ion yang berkapasitas 71,4 KWH dengan kemampuan mengisi daya mencapai 150 KW dan daya ac-nya 6,6 KW.

Keistimewaan yang dimiliki oleh Toyota bz4x ini adalah sistem penggerak all wheel drive untuk memastikan pengendalian lebih optimal di berbagai medan jalan. Bagian interior mobil ini terdapat Toyota audio multimedia dan LCD display pada speedometer juga charge meter serta power output meter. Untuk harganya sendiri sekitar 1,2 miliar.

Toyota Bx4 Vs Hyundai Ioniq 5 Vs Mercedes Benz EQB

Untuk pembelian mobil SUV listrik harga terjangkau, Hyundai ioniq 5 adalah pilihan yang tepat . Namun untuk mobil dengan muatan banyak tentunya jatuh di Mercedes Benz EQB karena memiliki kapasitas tempat duduk untuk 7 orang. Sedang Toyota bz4x dan Hyundai ioniq 5 itu muat untuk 5 penumpang saja. Berbeda lagi jika mencari mobil SUV listrik yang memiliki kapasitas baterai besar tentunya Toyota bz4x pilihan terbaik.

Toyota bx4 juga menjadi pilihan terbaik sebagai mobil yang bisa menghasilkan tenaga lebih besar 204 HP daripada EQB 190 HP dan Ioniq 5 170 PS untuk type standard. Produk Toyota bx4 tersebut juga sudah menggunakan teknologi Toyota Sense meliputi teknologi Pre-Collision System, Lane Tracing Assist, Dynamic Radar Cruise Control, Automatic High Beam dan Blind Sport. Sedangkan Ioniq 5 berteknologi Hyundai Smart Sense yang meliputi Forward Collision-Avoidance Assist, Lane Following Assist & Lane Keeping, Blind Spot Collision dan Smart Cruise Control. Jadi untuk mobil SUV listrik terbaik adalah Toyota bz4x dan Ioniq 5.

(*/Jeany)