Artikel dan UlasanDestinasiRagam

Eksotisnya Kampung Kerbau Situbondo, Menyatu dengan Alam dan Hewan Liar

×

Eksotisnya Kampung Kerbau Situbondo, Menyatu dengan Alam dan Hewan Liar

Sebarkan artikel ini
Kampung Kerbau
Eksotisnya Kampung Kerbau Situbondo (Foto: Istimewa)

Kampung kerbau namanya, jika Anda mencari tempat wisata yang menawarkan pemandangan alami, suasana tenang, dan pengalaman unik. Anda mungkin tertarik untuk mengunjungi wisata kampung kerbau situbondo. Di tempat ini, Anda bisa melihat ratusan kerbau yang hidup liar di tengah savana rumput rawa payau. Anda juga bisa berinteraksi dengan hewan-hewan besar ini tanpa takut, karena mereka terlihat jinak dan akrab dengan manusia.

Lokasi dan Akses Wisata Kampung Kerbau

Wisata kampung kerbau situbondo terletak di Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Lokasinya berada di dekat Selat Madura, sehingga air di rawa adalah payau. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti rute menuju Pantai Pasir Putih Situbondo, lalu belok ke arah timur sekitar 5 km. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus jurusan Surabaya-Banyuwangi, lalu turun di Terminal Mangaran. Dari sana, Anda bisa menyewa ojek atau becak motor untuk menuju lokasi wisata.

Daya Tarik Wisata Kampung Kerbau

Wisata kampung kerbau situbondo memiliki daya tarik yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Di sini, Anda bisa menyaksikan kehidupan kerbau-kerbau yang dibiarkan berkembang biak secara alami di alam liar. Kerbau-kerbau ini mencari makan sendiri di area yang didominasi oleh rumput dan rawa. Mereka juga tidak terganggu oleh kehadiran manusia, bahkan kadang-kadang mendekati pengunjung yang menghampiri mereka. Anda bisa berfoto-foto dengan kerbau-kerbau ini, atau bahkan menaiki punggung mereka jika berani.

Selain kerbau-kerbau, Anda juga bisa menikmati pemandangan savana yang hijau dan luas. Di sebagian area, terdapat pulau-pulau kecil yang dikelilingi oleh air. Anda bisa menjelajahi pulau-pulau ini dengan berjalan kaki atau menggunakan perahu. Di sore hari, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam yang indah di cakrawala. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat burung-burung liar yang terbang di langit.

Fasilitas dan Biaya

Wisata kampung kerbau situbondo masih tergolong baru dan belum banyak dikembangkan. Oleh karena itu, fasilitas yang tersedia di sini masih sangat sederhana. Anda tidak akan menemukan toilet, warung, atau tempat parkir yang memadai. Anda juga harus membawa peralatan sendiri jika ingin berkemah atau berpiknik di sini. Namun, hal ini justru menambah kesan alami dan asri dari tempat ini.

Untuk masuk ke wisata kampung kerbau situbondo, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Anda hanya perlu memberikan sumbangan sukarela kepada warga setempat yang mengelola tempat ini. Biasanya, sumbangan yang diberikan berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang. Anda juga bisa memberikan makanan atau minuman kepada kerbau-kerbau yang ada di sini, sebagai bentuk apresiasi Anda kepada mereka.

Tips dan Aturan

Sebelum mengunjungi wisata kampung kerbau situbondo, ada beberapa tips dan aturan yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Bawalah peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, seperti air minum, makanan, obat-obatan, tenda, dan lain-lain.
  • Jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Jangan buang sampah sembarangan, apalagi sampah plastik yang bisa membahayakan kerbau-kerbau dan satwa lainnya.
  • Hormati dan jangan ganggu kerbau-kerbau yang ada di sini. Jangan berteriak, melempar, atau menyakiti mereka. Jika ingin berfoto atau menaiki mereka, minta izin terlebih dahulu kepada pemiliknya atau warga setempat.
  • Jaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jangan berenang atau bermain di rawa, karena bisa berbahaya. Juga jangan mendekati kerbau-kerbau yang sedang hamil, melahirkan, atau menyusui, karena bisa menimbulkan reaksi agresif dari mereka.
  • Nikmati dan bersyukur atas keindahan dan keunikan yang ditawarkan oleh wisata kampung kerbau situbondo. Bagikan pengalaman Anda kepada orang lain, dan ajak mereka untuk berkunjung ke sini.

Demikian artikel yang saya buat tentang wisata kampung kerbau situbondo. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.