Artikel dan UlasanOtomotif

Ingin Hemat BBM? Coba Deh 5 Trik Sederhana Ini

×

Ingin Hemat BBM? Coba Deh 5 Trik Sederhana Ini

Sebarkan artikel ini
Ingin Hemat BBM
Hemat BBM

3TITIK.COM – Halo sobat pembaca setia! Siapa yang tidak ingin hemat BBM? Pasti kita semua ingin, kan? Memang, harga bahan bakar minyak (BBM) semakin hari semakin tinggi. Tapi jangan khawatir, ada beberapa trik sederhana yang bisa kamu coba untuk menghemat BBM. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Ingin Hemat BBM? Coba Deh 5 Trik Sederhana Ini

  • Trik pertama yang bisa kamu coba adalah mengatur kecepatan kendaraanmu. Coba deh, saat berkendara di jalan raya, usahakan untuk tetap berada dalam kecepatan yang stabil. Jangan suka ngebut atau ngerem mendadak. Selain itu, hindari juga sering-sering ganti gigi. Mengemudi dengan kecepatan yang stabil dan menggunakan gigi yang tepat dapat menghemat BBM hingga 15%.
  • Trik kedua adalah melakukan perawatan rutin pada kendaraanmu. Pastikan mesin kendaraanmu dalam kondisi yang baik. Periksa secara rutin oli mesin, filter udara, dan busi. Jika semua komponen kendaraanmu berfungsi dengan baik, maka konsumsi BBM juga akan lebih efisien. Jangan lupa juga untuk memeriksa tekanan angin pada ban kendaraanmu. Ban yang kurang angin dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak BBM.
  • Trik ketiga yang bisa kamu coba adalah mengurangi beban kendaraanmu. Coba deh, bersihkan bagasi kendaraanmu dari barang-barang yang tidak perlu. Semakin berat kendaraanmu, semakin banyak juga BBM yang akan terkuras. Jadi, jangan bawa barang-barang yang tidak perlu ya!
  • Trik keempat adalah menggunakan pendingin udara (AC) dengan bijak. Saat cuaca panas terik, kita sering kali langsung menyalakan AC dengan suhu yang sangat rendah. Padahal, penggunaan AC yang berlebihan dapat membuat konsumsi BBM meningkat. Jadi, gunakan AC dengan bijak. Coba deh, saat cuaca tidak terlalu panas, matikan AC dan buka jendela kendaraanmu. Selain menghemat BBM, kamu juga bisa menikmati udara segar dari luar.
  • Trik terakhir yang bisa kamu coba adalah menggunakan aplikasi peta atau GPS untuk menghindari kemacetan. Kemacetan adalah musuh utama bagi pengendara yang ingin hemat BBM. Saat terjebak dalam kemacetan, mesin kendaraanmu akan bekerja lebih lama dan mengonsumsi lebih banyak BBM. Jadi, sebelum berangkat, pastikan kamu sudah mengecek kondisi lalu lintas menggunakan aplikasi peta atau GPS. Dengan begitu, kamu bisa memilih jalur alternatif yang lebih lancar dan menghemat BBM.

Nah, itulah 5 trik sederhana yang bisa kamu coba untuk menghemat BBM. Ingat, setiap tetes BBM yang kamu hemat adalah uang yang bisa kamu tabung atau gunakan untuk hal lain yang lebih penting. Jadi, mulai sekarang, praktikkan trik-trik ini dalam kehidupan sehari-harimu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

(*/TR13)