EdukasiArtikel dan UlasanTeknologi

Ini Tips Menjaga Keamanan Cyber! Pastikan Semua Data Anda Tetap Aman

×

Ini Tips Menjaga Keamanan Cyber! Pastikan Semua Data Anda Tetap Aman

Sebarkan artikel ini
Tips Menjaga Keamanan Cyber
Tips Menjaga Keamanan Cyber

Di era digital ini, semua orang perlu mengetahui dan melakukan tips menjaga keamanan cyber. Selain untuk melindungi identitas diri, tindakan preventif ini bisa mengurangi kemungkinan timbulnya kerugian yang lebih lanjut. Saat ini, data diri dan identitas pribadi adalah hal yang berharga. Terutama di dunia maya di mana data bisa dengan mudah di manipulasi. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa tindakan preventif.

Bukan hanya untuk kepentingan pribadi, tapi perlindungan ini juga penting untuk pekerjaan. Apalagi karena saat ini hampir semua lini pekerjaan sudah banyak menggunakan koneksi internet.

1. Ubah Kata Sandi Secara Berkala

Salah satu hal yang sering dianjurkan oleh para praktisi keamanan siber, adalah untuk memperhatikan keamanan kata sandi. Walau demikian, masih banyak orang yang tidak menghiraukan dan menggunakan kata sandi yang kurang aman.

Kata sandi yang aman terdiri dari 8-12 karakter dengan menggunakan gabungan huruf, angka, huruf kapital, dan tanda baca. Dan untuk memperkuat keamanan, baiknya Anda mengganti kata sandi secara berkala.

Baiknya, kata sandi digunakan selama 3 bulan. Tak perlu khawatir, beberapa situs juga sudah mulai memasukkan fitur pengingat bagi Anda untuk mengubah kata sandi.

2. Hati-Hati dalam Membagikan Konten

Ketika membagikan konten yang diterima, Anda perlu mengetahui apakah konten tersebut aman atau tidak. Ada banyak malware dan berita palsu yang dengan mudah di sebar luaskan.

Banyak orang yang juga tidak waspada ketika membagikan konten milik pribadi. Sebagai akibatnya, foto atau video di edit oleh orang lain dan menjadi konten yang merugikan.

Perkembangan AI juga patut diwaspadai, karena dengan mudah orang lain bisa mengubah foto atau konten pribadi. Sudah ada banyak contoh kasus pelanggaran privasi karena kecerdasan buatan.

3. Waspada Akan Situs Palsu

Salah satu kasus penipuan atau bahkan pencurian identitas terjadi karena korban yang kurang waspada. Selain tidak hati-hati dalam membaca nama situs, juga tidak awas tentang isi

Untuk tips menjaga keamanan cyber yang satu ini, Anda hanya perlu lebih teliti dalam membaca. Perhatikan apakah nama dan ejaan situs sudah sesuai dengan situs resmi.

Anda juga perlu memperhatikan huruf yang digunakan, karena beberapa huruf dan angka bisa terlihat sama. Sebagai contoh, huruf “i” kapital dengan “L” kecil ataupun huruf “O” dengan angka “0”.

4. Gunakan Antivirus

Antivirus adalah salah satu software yang harus ada di gawai apapun. Banyak orang salah kira dan berpikir bahwa hanya komputer dan laptop mereka saja yang membutuhkan antivirus. Padahal, program ini juga dibutuhkan di tablet dan ponsel Anda.

Dan sama seperti program lainnya, Anda perlu melakukan pembaruan secara berkala agar Antivirus bisa bekerja lebih efektif. Akan tetapi, Anda tetap harus teliti dan berhati-hati di dunia maya. Karena antivirus bukan solusi mutlak untuk keamanan data Anda.

Kurangnya kesadaran tentang perlindungan di dunia maya menjadikan ada banyak korban dari kejahatan digital. Untuk itu, perlu mengetahui apa saja tindakan dasar yang diperlukan. Pemahaman dasar ini bisa membantu melindungi data pribadi dan terhindar dari berbagai upaya kejahatan siber.

Kesimpulan

Tips menjaga keamanan cyber ini memang hanya sebagian kecil dari yang perlu Anda lakukan. Sebagai usaha lebih lanjut, Anda bisa melakukan beberapa langkah tambahan seperti menggunakan fitur autentikasi 2 lapis. Anda juga bisa menggunakan beberapa perangkat khusus seperti alat penyimpan kata sandi. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

(*/Jeany)