Berita

Jelang Puasa dan Lebaran, Kadiskoperindag dan Kapolres Situbondo Cek Ketersediaan dan Stabilitas Pangan

×

Jelang Puasa dan Lebaran, Kadiskoperindag dan Kapolres Situbondo Cek Ketersediaan dan Stabilitas Pangan

Sebarkan artikel ini
Polres Situbondo
Kadiskoperindag dan Kapolres Situbondo Cek Ketersediaan dan Stabilitas Pangan (Foto: Dok. Humas)

SITUBONDO – Diskoperindag Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) dan Polres Situbondo melakukan pengecekan stok ketersediaan dan harga beras di tingkat selep atau penggilingan dan distributor di wilayah Kecamatan Panji, Jum’at (1/3/2024).

Pengecekan ini dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan pangan dan stabilitas harga menjelang bulan Puasa Ramadhan dan Lebaran nanti.

Tim pengecek terdiri dari Kepala Diskoperindag Edy Wiyono, S.Sos, M.Si, Kepala DPKP Dadang Aries Bintoro, S.Sos, M.Si, dan Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H.

Mereka mengunjungi penggilingan beras UD. Karunia di Desa Panji Kidul yang memproduksi beras medium sebanyak 20 sampai 25 ton per hari. Selain itu, mereka juga meninjau distributor beras Toko Rini Bangkit di jalan Irian Jaya yang menjual berbagai merk beras seperti Th 55, Onde-Onde, Th 88, Enak, dan Cantik.

Dari hasil pengecekan, tim mendapatkan informasi bahwa stok beras di kedua tempat tersebut mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, harga beras juga mengalami penurunan selama dua minggu terakhir karena masuknya musim panen raya. Hal ini membuat para petani bisa menjual gabah dengan harga lebih murah.

Kepala Diskoperindag Edy Wiyono mengatakan bahwa pengecekan ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan dan harga beras saat bulan Puasa dan Lebaran. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan panic buying atau pembelian berlebihan yang bisa mengganggu ketersediaan pangan.

“Hasil pengecekan di selep atau pengggilingan dan distributor menunjukkan bahwa stok beras aman dan harga beras turun. Kami harap masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap tenang. Kami akan terus melakukan pengawasan dan koordinasi dengan pihak terkait untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas pangan di Kabupaten Situbondo,” ujarnya.

(*/Red/Humas)