Artikel dan UlasanOtomotifRagam

Jenis Mobil SUV Toyota, Kendaraan dengan Ragam Inovasi Modern

×

Jenis Mobil SUV Toyota, Kendaraan dengan Ragam Inovasi Modern

Sebarkan artikel ini
Mobil SUV Toyota
Jenis Mobil SUV Toyota, Kendaraan dengan Ragam Inovasi Modern (Foto: Dok. unsplash)

Mobil SUV Toyota selalu hadir dengan ragam inovasi, serta  mengeluarkan jenis dan spesifikasi terbaru untuk memenuhi kebutuhan pengendara. Toyota selalu memiliki komitmen dalam menghadirkan terobosan di setiap produk dan teknologi di dalamnya. Sport Utility Vehicle menjadi salah satu lini produk yang kerap mendapatkan upgrade di setiap generasi. Sehingga menjadi salah satu genre yang paling populer di pasar otomotif dunia.

Deretan Jenis Mobil SUV Toyota Sporty dengan Fitur Modern

Tidak hanya memimpin di kelas MPV saja, Toyota juga lihai dalam meracik perkembangan produknya di jajaran SUV. Bahkan mobil yang dulu mendapat predikat kendaraan compact, sekarang dapat berfungsi sebagai mobil keluarga yang multifungsi. Berkat upgrade besar pada mesin, ukuran, hingga varian yang lebih banyak.

Berikut ini pilihan SUV sporty yang mengusung banyak fitur canggih dan fungsional.

Toyota Yaris Cross

Mobil SUV compact ini menggunakan mesin bensin bertipe 2NR-VE yang berkapasitas 1.496cc. Dengan mesin ini, Yaris Cross dapat menghasilkan tenaga mencapai 78 kW di 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimum hingga 138 kgm pada 4.200 rpm.

Fitur terbaru yang menarik dari SUV ini adalah hadirnya Electric Power Back Door. Fitur ini memungkinkan pintu bagasi dapat dibuka dengan mudah menggunakan tombol kunci maupun dari dalam mobil. Jadi, lebih praktis dan memudahkan akses ketika menata dan membongkar muatan bagasi.

Berbeda dari jenis mobil SUV Toyota versi lama, Yaris Cross terbaru mempunyai ruang kabin yang lebih lega. Material interiornya juga berkualitas tinggi dan terkesan mewah. Sehingga dapat memberikan kenyamanan maksimal ketika berkendara.

All New Raize

Mobil ini adalah persembahan paling baru dari Toyota untuk mengisi lini produk SUV. Meskipun secara dimensinya terlihat lebih kecil dari SUV Toyota lain, namun lebar kabinnya setara dengan mobil keluarga.

Raize memiliki beberapa tipe seperti 1.0T GR Sport CVT, CVT TSS, 1.2 G M/T, 1.2 G CVT, 1.0T G CVT, dan 1.0T G M/T. Untuk mesin 1.0, mobil ini memakai mesin 1KR-VET 3 silinder turbo DOHC 12 Valve. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 98 ps di 6.000 rpm.

Sedangkan untuk mesin 1.2 menggunakan tipe WA-VE, 3 silinder 12 valve DOHC. Bedanya mesin ini memakai Dual VVT-i yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 88 ps di 6.000 rpm. SUV compact ini sangat cocok untuk kawula muda yang ingin tampil gaya dan sporty dengan mobil yang bertenaga.

New Fortuner

Kendaraan New Fortuner dapat dikatakan sebagai salah satu jenis mobil SUV Toyota yang paling ikonik. Generasi Fortuner selalu berkembang dengan peningkatan yang signifikan. Belum lagi desain eksterior dan interior yang gagah. Bahkan kenyamanannya mendukung untuk dijadikan sebagai mobil keluarga.

Fitur terbaru dari mobil legendaris ini adalah peningkatan dari aspek keamanannya. New Fortuner sudah menggunakan sistem pengereman ABS dengan Electronic Brakeforce Distribution. Ada juga Traction Control System yang mampu menjaga kendaraan tetap stabil di perjalanan. Hingga yang paling menarik adalah adanya fitur pengereman darurat.

Pada bagian mesin, New Fortuner tersedia varian mesin bensin dan diesel. Tipe mesin diesel menggunakan 4 silinder DOHC dan teknologi VNT Intercooler 2.393cc. Sedangkan tipe bensin tetap menggunakan DOHC 4 silinder namun dengan Dual VVT-i.

Komparasi SUV Toyota Paling Inovatif

Ketiga SUV dari Toyota di atas adalah varian baru yang resmi hadir di pasar otomotif dunia. Meskipun ketiganya masuk di kelas yang sama, namun spesifikasi dan keunggulan dari masing-masing mobil tentu sangat berbeda. Yaris Cross adalah pilihan tepat untuk menaklukkan segala medan dengan gaya. All New Raize menjadi opsi paling brilian untuk anak muda. Sedangkan New Fortuner merupakan family SUV yang tidak pernah tergantikan.

Tiga jenis mobil SUV Toyota tersebut menjadi rekomendasi mobil modern yang layak dipertimbangkan. Selain desain dan gayanya yang memukau, jeroan mobil Toyota jelas tidak akan mengecewakan. Hal ini yang menjadikan produknya tetap dinanti di seluruh dunia.

(*/Jeany)