KesehatanArtikel dan UlasanEdukasiOlahraga

Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol Terbukti Berhasil

×

Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol Terbukti Berhasil

Sebarkan artikel ini
Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol
Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol

Jenis olahraga menurunkan kolesterol dapat menjadi salah satu pertimbangan, bagi individu yang memiliki risiko. Namun juga bisa dilakukan semua orang agar tetap sehat. Kadar kolesterol dalam darah yang tinggi tentu dapat meningkatkan penyakit mematikan, seperti serangan jantung. Tentunya selain minum obat bisa melakukan aktivitas fisik tertentu. Hal ini dapat membantu tubuh tetap sehat dan kolesterol terjaga. Sebab penyakit ini dapat disebabkan oleh kegemukan, makanan berlemak, kebiasaan buruk bahkan jarang olahraga. Maka dari itu penting bagi individu untuk peduli dengan masalah kesehatan sedini mungkin.

Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol

Pada dasarnya kolesterol adalah salah satu zat lemak, yang biasa ditemukan pada tubuh manusia. Sehingga secara umum kehadirannya dalam takaran normal dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan ketika terlalu tinggi bisa menyebabkan beragam risiko kesehatan.

Pada dasarnya olahraga menjadi salah satu upaya paling efektif untuk menurunkannya. Namun pastikan memilih jenis olahraga menurunkan kolesterol secara tepat. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga, yang bisa Anda lakukan.

1. Bersepeda

Sebuah jurnal dari American Heart Association menyebutkan bahwa pesepeda, memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit ini. Sehingga risiko stroke maupun penyakit jantung dapat menurun.

Tentunya bersepeda dapat menjadi salah satu aktivitas fisik terbaik, bagi yang ingin menurunkan kadar kolesterol. Selain itu dengan bersepeda tubuh bisa melakukan pembakaran kalori seperti aktivitas jogging.

2. Jogging

Jenis olahraga menurunkan kolesterol selanjutnya adalah jogging. Pastinya hal ini menjadi pilihan terbaik dan cukup sederhana. Anda bisa melakukannya dimana saja bahkan tanpa membutuhkan peralatan apapun.

Ketika melakukan jogging maka individu secara langsung akan meningkatkan HDL dalam tubuh. HDL sendiri merupakan kolesterol baik yang bertugas menjaga agar kadarnya tetap stabil.

Pastikan untuk melakukan jogging secara rutin setiap harinya. Usahakan Anda melakukan aktivitas ini selama 30 menit dalam setiap hari agar kadarnya dalam darah tetap terjaga.

3. Berlari

Ketika berlari secara teratur maka akan menurunkan risiko terkena penyakit mematikan. Disamping itu berlari dapat membantu tubuh agar tetap sehat dan bugar. Bahkan aktivitas ini juga dapat membantu menjaga kesehatan mental serta penurun berat badan.

Bahkan studi dari Jurnal British Sport Medicine juga menjelaskan bahwa lari dapat menurunkan risiko dari 27 penyakit penyebab kematian. Sedangkan orang yang suka berlari secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dengan signifikan.

4. Berenang

Berenang menjadi salah satu jenis olahraga menurunkan kolesterol yang bisa Anda lakukan. Hal ini karena ketika berenang tubuh manusia akan meningkatkan sirkulasi darah sekaligus menurunkan LDL.

Selain itu aktivitasnya termasuk latihan aerobik, yang secara langsung dapat menguatkan jantung. Sehingga dengan berenang maka aktivitas jantung menjadi lebih efisien dalam hal memompa darah.

Usahakan untuk berenang minimal 30 sampai 45 menit sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Kegiatan fisik yang dilakukan secara rutin pastinya akan membuat manfaatnya menjadi lebih maksimal.

5. Yoga

Yoga menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya bagi individu yang tidak suka dengan kardio, silahkan untuk menggunakannya. Tentunya selain membantu pelatihan otot, yoga bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

6. Latihan Ketahanan

Pada dasarnya hal ini menjadi salah satu latihan beban, yang bertujuan dalam meningkatkan massa otot. Sebagai pemula bisa mulai dengan melakukan beberapa aktivitas seperti angkat besi, sit up maupun push up.

Sedangkan jika aktivitas ini dilakukan secara rutin dalam 14 minggu, maka akan berpengaruh pada kualitas kolesterol dalam darah. Selain itu latihan ketahanan menjadi jenis aktivitas fisik sederhana, yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Olahraga merupakan cara paling efektif dalam menjaga kesehatan tubuh. Tentunya kombinasi dari berbagai jenis olahraga menurunkan kolesterol dapat membantu mengontrol kesehatan secara baik.

(*/TR13)