Berita

Kapolres Situbondo dan Forkopimda Dampingi Gubernur Jatim dalam Acara Jalan Sehat

×

Kapolres Situbondo dan Forkopimda Dampingi Gubernur Jatim dalam Acara Jalan Sehat

Sebarkan artikel ini
Kapolres Situbondo dan Forkopimda Dampingi Gubernur Jatim dalam Acara Jalan Sehat
Kapolres Situbondo dan Forkopimda Dampingi Gubernur Jatim dalam Acara Jalan Sehat (Foto: Doc Humas)

SITUBONDO – Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H, S.I.K, M.H. dan Forkopimda Kabupaten Situbondo mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam acara jalan sehat dan pemberian berbagai bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat di Kabupaten Situbondo pada Sabtu (16/12/2023).

Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa enam jenis Bansos diberikan dalam acara tersebut, yang berlangsung di Pendopo Arya Situbondo. Bansos tersebut meliputi PKH Perlindungan Lansia tahap IV, bantuan untuk kemiskinan ekstrem, asistensi sosial penyandang disabilitas tahap IV.

Selanjutnya, bantuan kelompok usaha bersama (Kube), bantuan untuk pilar sosial seperti TKSK, PDP PKH Plus, Tagana, dan zakat produktif untuk pelaku usaha ultra mikro. “Bantuan yang diberikan berupa paket sembako dan uang tunai,” ujarnya.

Khofifah mengungkapkan bahwa total Kabupaten Situbondo menerima bantuan dari Pemprov Jawa Timur senilai lebih dari Rp1,9 miliar. Bantuan tersebut mencakup PKH Plus untuk 1718 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), bantuan kepada 65 buruh pabrik rokok, bantuan kemiskinan ekstrem untuk 414 KPM. Selain itu, terdapat Bansos untuk penyandang disabilitas sebanyak 66 penerima dan Bansos Kube sebanyak 100 penerima.

“Besaran bantuan untuk PKH Plus adalah Rp2 juta per tahun, bantuan untuk buruh pabrik rokok Rp3,6 juta per tahun, dan Kube sebesar Rp3 juta per orang. Kemudian, bantuan untuk kemiskinan ekstrem Rp1,5 juta per orang. Saat ini telah memasuki tahap keempat,” ungkapnya.

Menurut Khofifah, penyaluran berbagai jenis Bansos bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Situbondo. “Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi kebutuhan pokok seluruh masyarakat,” tambah Khofifah.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengapresiasi berbagai macam Bansos yang disalurkan oleh Pemprov Jawa Timur. “Terima kasih kepada Bunda Khofifah atas berbagai bantuan ini. Situbondo menjadi satu-satunya kabupaten yang menerima Bansos dua kali dari Ibu Gubernur,” ujarnya.

(*/Humas)