Artikel dan UlasanRagamTeknologi

Kode Jaringan 5G untuk Beralih ke Jaringan 5G, Ikuti Tipsnya!

×

Kode Jaringan 5G untuk Beralih ke Jaringan 5G, Ikuti Tipsnya!

Sebarkan artikel ini
Kode Jaringan 5G
Kode Jaringan 5G

3TITIK.COM – Membahas Kode jaringan 5G untuk beralih ke jaringan 5G, Penasaran?. Belakangan ini, jaringan 5G menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna internet global, termasuk di Indonesia. Popularitasnya tidak terlepas dari reputasinya sebagai kemajuan teknologi di dunia internet, dengan sejumlah kelebihan dan keunggulan yang menarik. Bagi para pengguna yang ingin merasakan manfaat jaringan ini, penting untuk mengetahui kode jaringan 5G yang digunakan.

Sebagai informasi tambahan, teknologi 5G merupakan jaringan seluler generasi ke-5, mewakili evolusi terbaru setelah teknologi 4G. Dikembangkan dengan tujuan meningkatkan kecepatan transfer data, jaringan ini juga menonjolkan tingkat latensi yang rendah, menjadikannya lebih unggul dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu 4G.

Berapa Kode Jaringan 5G?

Sebelum Anda mengetahui kode jaringan 5G untuk memudahkan penggunaannya, penting untuk memahami lebih lanjut tentang jaringan ini. Sebagai informasi, jaringan 5G dengan kualitas performa yang superior dapat memberikan dampak positif pada peningkatan efisiensi pengguna. Tidak tanpa alasan, jaringan internet 5G mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 20 Gbps.

Perlu diperhatikan bahwa kecepatan maksimal teknologi jaringan sebelumnya, yaitu 4G, hanya mencapai 1 Gbps. Teknologi jaringan 4G LTE sebelumnya lebih berfokus pada konektivitas. Berbeda dengan jaringan 5G, yang tidak hanya memprioritaskan konektivitas tetapi juga mengintegrasikan teknologi dari model cloud ke klien. Hal ini menyebabkan peningkatan kecepatan dan efisiensi penggunaan internet.

Dengan peningkatan yang signifikan dari versi sebelumnya, aktivitas menjelajah internet akan terasa lebih menyenangkan. Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai kegiatan seperti bermain game online, menonton atau streaming film, hingga mengunduh file berukuran besar tanpa perlu menunggu terlalu lama. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kode jaringan 5G agar dapat mengubah jaringan 4G LTE menjadi 5G.

Sebagai tambahan, terdapat beberapa metode untuk mengubah jaringan 4G LTE menjadi jaringan terbaru 5G, salah satunya adalah dengan menggunakan kode jaringan 5G. Dengan cara ini, proses menjelajah internet di ponsel Anda akan menjadi lebih mudah, cepat, dan tentu saja menyenangkan. Jika Anda belum familiar dengan cara mengubah jaringan 4G LTE menjadi 5G, Anda dapat langsung menyimak informasinya di bawah ini.

1. Mengubah Jaringan 4G LTE Menjadi Jaringan 5G dengan Kode Khusus

Langkah pertama untuk beralih dari jaringan 4G LTE ke jaringan 5G adalah dengan menggunakan kode khusus. Metode ini dapat diterapkan dengan mudah pada berbagai jenis ponsel Android. Namun, pastikan bahwa ponsel Android Anda sudah mendukung jaringan 5G dan telah dipasang kartu yang mendukung teknologi tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, Anda bisa ambil HP android milik pribadi tipe apapun dan pergi ke opsi Pengaturan atau Setting
  • Setelah itu, tekan pilihan Kartu Ganda dan Seluler
  • Kemudian tekan saja menu APN yang tersedia di Pengaturan
  • Atur APN baru di HP Android tersebut dengan tekan opsi APN dan klik pilihan APN Baru
  • Selanjutnya, lakukan konfigurasi server dan protokol APN dengan menuliskan kode jaringan 5G yakni 8.8.8.8 dan 510 di MCC
  • Setelah itu, masukan di bagian MNC angka 11
  • Untuk opsi protokol APN dan protokol Roaming APN, silahkan pilih IPv4/IPv6 dan tekan tombol selesai
  • Lanjutkan dengan pergi ke menu pengaturan atau setting lagi dan ganti opsi jaringan menjadi 5G

2. Mengubah Jaringan 4G Menjadi 5G dengan Dial Up

Selain menggunakan metode sebelumnya, Anda dapat dengan mudah mengubah jaringan 4G LTE menjadi jaringan 5G dengan menggunakan fitur Dial Up. Caranya cukup sederhana, hanya dengan memanfaatkan menu panggilan atau telepon pada berbagai jenis ponsel. Namun, pastikan Anda telah memasang kartu yang mendukung jaringan 5G dan memastikan bahwa ponsel yang digunakan sudah mendukung teknologi 5G. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama siapkan HP android tipe apapun yang sudah support 5G dan ingin diganti jaringannya menjadi 5G
  • Setelah itu, buka menu Panggilan atau Dial Up di ponsel tersebut
  • Lanjutkan dengan menuliskan kode jaringan 5G yakni *#*#4646#*#* di menu panggilan
  • Tunggu beberapa saat sampai jaringan 4G LTE berubah menjadi jaringan 5G secara otomatis

3. Upgrade Jaringan 4G Menjadi 5G melalui Aplikasi

Selain menggunakan kode jaringan 5G, Anda juga dapat meningkatkan atau mengubah jaringan 4G LTE menjadi jenis jaringan 5G terbaru dengan menggunakan aplikasi tambahan. Proses upgrade ini sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu mengikuti tutorial berikut ini:

  • Pertama-tama Anda bisa unduh aplikasi Lock 4G gratis di Google Play Store
  • Buka aplikasi tersebut sesudah didownload sempurna di HP Android
  • Nantinya tampak sejumlah pilihan untuk mengunci jaringan 5G
  • Bagi pengguna android 11 ke atas, maka bisa tekan Method 2
  • Secara otomatis Anda dibawa ke opsi Info Telepon, klik saja pilihan Setel Jenis Jaringan
  • Kemudian Anda bisa klik pilihan 5G Only atau NR Only yang ada di layar
  • Kalau sudah restart terlebih dahulu HP android Anda dan selesai

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengubah jaringan 4G LTE menjadi jaringan 5G, baik melalui penggunaan kode jaringan 5G maupun langkah-langkah lainnya. Dengan informasi ini, Anda dapat lebih mudah memanfaatkan jaringan 5G untuk menjelajahi internet di perangkat HP Anda.

(*/Siska)