Artikel dan UlasanRagamTeknologi

Konektivitas Tanpa Batas, Chip Modem Qualcomm Snapdragon X80 5G

×

Konektivitas Tanpa Batas, Chip Modem Qualcomm Snapdragon X80 5G

Sebarkan artikel ini
Snapdragon X80 5G
Chip Modem Qualcomm Snapdragon X80 5G (Foto: Qualcomm)

Dalam dunia yang terus bergerak menuju konektivitas yang lebih cepat dan lebih stabil, Qualcomm telah mengambil langkah besar dengan peluncuran Snapdragon X80 5G Modem-RF System. Chip modem ini tidak hanya menandai kemajuan teknologi terbaru dalam seri modem 5G Qualcomm, tetapi juga membawa inovasi yang belum pernah ada sebelumnya di industri.

Inovasi Teknologi dan Fitur Unggulan

Snapdragon X80 5G merupakan modem 5G pertama di dunia yang terintegrasi penuh dengan dukungan fitur komunikasi satelit NB (narrowband) hingga jaringan non-terestrial (non-terrestrial networks). Dengan adanya fitur komunikasi satelit, ponsel diharapkan masih bisa berfungsi dalam keadaan darurat, meski tidak memiliki sinyal seluler.

Chip ini juga mengintegrasikan prosesor AI khusus 5G dan arsitektur yang siap untuk 5G-Advanced, mencapai beberapa tonggak pertama di dunia termasuk modem 5G pertama dengan dukungan komunikasi satelit NB-NTN yang terintegrasi penuh, arsitektur antena 6 untuk smartphone, agregasi operator 6X, dan ekstensi jangkauan mmWave berbasis AI untuk peralatan pelanggan akses nirkabel tetap (CPE).

Performa dan Efisiensi Energi

Snapdragon X80 mendorong batas kecepatan 5G dengan kemampuan untuk unduhan hingga 10 Gbps dan unggahan 3.5 Gbps. Ini juga menggabungkan dukungan 5G Advanced untuk kapasitas jaringan yang lebih besar, keandalan, dan latensi yang berkurang. Optimasi berbasis AI lebih lanjut meningkatkan performa dan efisiensi dayanya.

Chip modem Qualcomm Snapdragon X80 5G ini juga disebut mampu meminimalisir latensi sekaligus mengurangi konsumsi daya dengan bantuan AI. Qualcomm merinci, Snapdragon X80 5G memiliki konsumsi daya 10 persen lebih rendah ketika menerima sinyal 5G dengan jaringan millimeter wave (mmWave), jika dibandingkan dengan modem Snapdragon X75 tahun lalu.

Kesimpulan

Dengan peluncuran Snapdragon X80 5G, Qualcomm tidak hanya menetapkan standar baru dalam teknologi modem 5G tetapi juga membuka jalan bagi masa depan konektivitas yang lebih cerdas dan lebih efisien. Kita dapat mengharapkan bahwa chip ini akan menjadi inti dari banyak smartphone flagship yang akan datang, membawa kita satu langkah lebih dekat ke era baru komunikasi global yang tanpa batas.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Snapdragon X80 5G, Anda dapat mengunjungi situs resmi Qualcomm.

(*/Jeany)