Berita

KTP Digital Mulai Diterbitkan Mei 2024: Fotokopi untuk Keperluan Tidak Diperlukan Lagi

×

KTP Digital Mulai Diterbitkan Mei 2024: Fotokopi untuk Keperluan Tidak Diperlukan Lagi

Sebarkan artikel ini
KTP Digital Mulai Diterbitkan Mei 2024
KTP Digital (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Azwar Anas mengumumkan bahwa pemerintah berencana meluncurkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP digital pada bulan Mei 2024. Langkah ini akan memungkinkan masyarakat untuk tidak perlu lagi mendatangi kelurahan untuk proses perolehan atau penggantian KTP, serta untuk keperluan lain yang memerlukan fotokopi KTP.

Azwar menjelaskan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan satu portal yang canggih yang akan menyediakan berbagai layanan bagi masyarakat, termasuk Sertifikat Standar Usaha (SSU), sertifikat elektronik, dan IKD. “Dengan selesainya ini, diharapkan pada bulan Mei atau Juni, masyarakat dapat memperoleh IKD tanpa harus mengunjungi kelurahan atau desa, karena cukup dengan menggunakan sistem biometrik yang akan disediakan,” ujar Azwar di Istana Negara, Jakarta, pada hari Senin (25/3/24).

Menurut Azwar, portal nasional untuk IKD akan dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Azwar menjelaskan bahwa adanya satu portal ini sesuai dengan instruksi presiden agar tidak ada lagi pembentukan aplikasi baru oleh kementerian atau lembaga pemerintah. “Saat ini masih terdapat banyak aplikasi, dan presiden telah menginstruksikan agar tidak ada lagi aplikasi baru. Kami telah menyampaikan kepada presiden pilihan logo untuk identitas digital ini,” jelas Azwar.

“Detail ini sangat penting karena akan menjadi kunci kesuksesan sistem. Dengan adanya portal nasional, akan ada satu pintu layanan yang akan melayani semua kebutuhan tersebut,” tambahnya.

(*/Red/F13)