Berita

KUA Akan Difungsikan Sebagai Pusat Layanan Keagamaan Lintas Fungsi dan Lintas Agama Pada 2024

×

KUA Akan Difungsikan Sebagai Pusat Layanan Keagamaan Lintas Fungsi dan Lintas Agama Pada 2024

Sebarkan artikel ini
Meteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dok. Kemenag RI)

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan bahwa Kantor Urusan Agama (KUA) akan segera dibuka untuk melayani pencatatan pernikahan bagi semua agama.

“Kami sudah sepakat dari awal, bahwa KUA akan kami fungsikan sebagai pusat pelayanan keagamaan untuk semua agama. KUA dapat dipakai untuk menikahkan semua agama,” kata Yaqut dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu (24/2) yang dikutip dari Antara.

Yaqut menyampaikan hal tersebut dalam Rapat Kerja Dirjen Bimas Islam dengan tema Transformasi Layanan dan Bimbingan Keagamaan Islam sebagai Dasar Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan. Yaqut menjelaskan, dengan menjadikan KUA sebagai tempat pencatatan pernikahan agama selain Islam, diharapkan data-data pernikahan dan perceraian dapat lebih terpadu dengan baik.

“Saat ini jika kita lihat saudara-saudara kita yang non-Muslim, mereka mencatat pernikahannya di pencatatan sipil. Padahal, itu seharusnya menjadi tanggung jawab Kementerian Agama,” ujarnya.

Menag juga mengharapkan aula-aula yang ada di KUA dapat diizinkan untuk menjadi tempat ibadah sementara bagi umat non-Muslim yang masih sulit membangun rumah ibadah sendiri karena faktor ekonomi, sosial, dan lain-lain.

“Bantulah saudara-saudara kita yang non-Muslim untuk dapat melaksanakan ibadah dengan baik. Tugas Muslim sebagai mayoritas adalah memberikan perlindungan kepada saudara-saudara yang minoritas, bukan sebaliknya,” ucap Menag Yaqut. Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan pada 2024, pihaknya akan meluncurkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan lintas agama. “Tahun ini juga kami akan segera launching KUA sebagai pusat layanan keagamaan lintas fungsi dan lintas agama,” tutur dia.

(*/Red)