Artikel dan UlasanOtomotifRagam

Mobil SUV 7 Seater, Mobil Pilihan Keluarga yang Banyak Peminatnya

×

Mobil SUV 7 Seater, Mobil Pilihan Keluarga yang Banyak Peminatnya

Sebarkan artikel ini
Mobil SUV 7 Seater
Mobil SUV 7 Seater, Mobil Pilihan Keluarga yang Banyak Peminatnya (Foto: screenshot youtube.com)

Mobil SUV 7 seater sebagai mobil keluarga yang peminatnya banyak. Hal itu mendorong perusahaan-perusahaan otomatif terus melakukan inovasi baru terhadap mobil SUV unggulannya. Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle sendiri memiliki fokus pada performa yang handal untuk melintasi medan jalan yang beragam.

Kenyamanan berkendara menjadi poin penting untuk diperhatikan. Kendari demikian, hadirnya mobil SUV bisa menjadi solusinya. Nah, sekarang ini sudah banyak pilihan mobil SUV dari berbagai macam merk.

Pilihan Mobil SUV 7 Seater Terbaik

Mobil 7 seater merupakan jenis mobil yang mendapat rancangan khusus untuk  memuat 7 orang penumpang. Biasanya mobil ini mempunyai baris kursi dengan konfigurasi baris depan terdapat dua penumpang, baris tengah terdapat tiga penumpang, serta pada baris belakang terdapat dua penumpang. Adanya konfigurasi ini akan memungkinkan memuat penumpang jumlah banyak dalam satu kendaraan ketika bepergian bersama. Berikut ini pilihan mobil SUV 7 seater yang banyak peminatnya.

Toyota Rush

Toyota Rush sebagai salah satu SUV yang paling banyak peminatnya. Mobil ini telah mengalami pembaruan pada desain yang lebih sleek serta modern. Terdapat pula fitur-fitur tambahan serta kekinian yang tersemat di dalamnya. Contohnya seperti menggunakan lampu LED pada bagian depan.

Mobil Toyota Rush sendiri tersedia dalam empat varian dengan adanya perbedaan transmisi manual serta otomatis. Varian transmisi manual yaitu Toyota Rush 1.5 GM/T serta Toyota Rush 1.5 SM/GR Sport. Sementara untuk varian transmisi otomatis yaitu Toyota Rush 1.5 GA/T serta Toyota Rush 1.5 SA/T GR Sport.

Secara keseluruhan Toyota Rush sudah menggunakan mesin tipe DOHC 4 silinder dengan kapasitas 1,496 cc yang menyematkan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimumnya sebesar 104ps/6,000 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya sebesar 13,9kgm/4,200rpm, yang mana bisa memberikan akselerasi responsif serta efisiensi untuk penggunaan bahan bakar.

Mobil SUV 7 seeter ini juga memiliki posisi duduk yang nyaman untuk pengemudi. Adanya kemampuan pengaturan setir yang akan memberikan kenyamanan selama perjalanan. Bagian ruang kakinya juga luas, maka bisa membuat kaki-kaki menjadi lebih lega.

Hyundai Santa Fe

Santa Fe merupakan SUV yang berukuran middle dengan memberikan kapasitas 7 penumpang. Tidak hanya memiliki ruang kargo yang cukup luas, melainkan Santa Fe juga memberikan performa yang baik. Desain mobilnya lebih modern serta sporty.

Varian untuk mobil SUV 7 seater pada Santa Fe yakni Santa Fe XL. Terdapat kelengkapan sejumlah fitur serta teknologi mutakhir didalamnya. Contohnya seperti sistem entertainment dengan layar sentuh yang bisa disambungkan dengan smartphone, sistem audio premium, kamera belakang, dan lain sebagainya.

Mengenai pemilihan mesin tersedia dalam dua varian. Adapun pilihannya yaitu mesin bensin dengan transmisi otomatis atau diesel dengan transmisi Dual Clutch. Untuk mesin bensin memiliki kapasitas 2497 cc dengan tenaga 178 hp. Sedangkan untuk mesin diesel memiliki kapasitas 2151 cc dengan tenaga 199 hp. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan penggerak roda depan atau semua roda (AWD), sehingga membuat lincah serta stabilitas dalam berbagai kondisi jalan.

Toyota Rush vs Hyundai San Fe

Dari keduanya memiliki kesamaan menjadi mobil keluarga dalam segmen mobil SUV. Bahkan kedua mobil ini memiliki performa yang handal dalam melintasi medan jalan yang berbagai macam. Mulai jalanan perkotaan hingga jalanan yang berlubang. Segi desainnya juga memiliki tampilan yang modern, membuat siapa saja akan takjub.

Terlepas dari itu semua, mobil SUV 7 seater ini memiliki perbedaan dalam kapasitas mesin serta tenaga yang dihasilkan. Jika ingin mempunyai mobil SUV dengan kecepatan tinggi bisa memilih Hyundai San Fe dengan harga yang lebih mahal sekitar Rp600 jutaan. Sementara jika budget yang dimiliki terbatas, maka bisa memilih Toyota Rush dengan harga yang lebih terjangkau sekitar Rp257-280 jutaan saja. Harga tersebut sebanding dengan kualitas serta fitur yang berada di dalamnya.

(*/Jeany)