Artikel dan UlasanOtomotifRagam

Mobil SUV RWD, Rekomendasi dan Tips Memilihnya

×

Mobil SUV RWD, Rekomendasi dan Tips Memilihnya

Sebarkan artikel ini
Mobil SUV RWD
Mobil SUV RWD, Rekomendasi dan Tips Memilihnya (Foto: Dok. motortrend.com)

Mobil SUV RWD sangat beragam. RWD merupakan salah satu varian mobil yang banyak orang minati. RWD sebenarnya adalah Rear Wheel Drive yang termasuk ke dalam jenis sistem penggerak roda belakang pada mobil. Beberapa varian lainnya yang perlu diketahui adalah Front Wheel Drive (FWD), All Wheel Drive (AWD), dan juga Four Wheel Drive (4WD).

Di antara jenis sistem penggerak tersebut, RWD memang jadi yang paling populer karena banyak disukai oleh para pecinta otomotif.

Mobil SUV RWD di Indonesia

Meski sistem penggerak roda RWD paling populer, tetapi kini tren otomotif sudah mulai berganti. Pabrikan otomotif sudah mulai mengubah mobil yang sebelumnya RWD menjadi FWD.

Alasan utama dari pergantian ini adalah karena bobotnya yang ringan dan konstruksi simpel pada FWD.

Padahal, RWD juga memiliki banyak kelebihan. RWD atau sistem penggerak belakang banyak disukai karena sistem kerjanya lebih bertenaga.

Salah satu keuntungan dari menggunakan sistem penggerak RWD adalah umumnya bagian kaki-kaki akan lebih awet karena mesin dan penggerak rodanya terpisah.

Nah, berikut ini beberapa mobil yang masih menggunakan sistem RWD pada rodanya di Indonesia.

Toyota Rush Generasi Pertama

Rekomendasi mobil SUV RWD pertama untuk kamu adalah Toyota Rush Generasi Pertama. Harga generasi pertama dari Toyota Rush saat ini sudah semakin murah, sekitar Rp 80 jutaan.

Tentu saja harga yang terjangkau tersebut menarik perhatian para pecinta mobil RWD. Body dari mobil ini juga cukup sporty dengan kekuatan mesin yang masih sangat mumpuni.

SUV dari Toyota ini memiliki round clearance mobil  yang memang tinggi dan menggunakan penggerak roda belakang alias RWD. Sistem penggerak ini bekerja dengan sangat baik.

Pajero Sport Mitsubishi

Pajero merupakan produk mobil SUV dari pabrikan Mitsubishi. Mobil ini merupakan SUV kompak dengan desain yang sangat menarik.

Desain SUV sport ini terlihat garang dan besar. Tampilan dari SUV Pajero Sport ini sangat tangguh dan memberikan kesan maskulin yang kuat.

Untuk Pajero Sport tahun 2008, dapat ditemukan berbagao pilihan jenis penggerak RWD. Sebagai SUV kompak, ground clearance Pajero Sport ini cukup tinggi sehingga cocok untuk di berbagai jenis medan jalan.

Panther Isuzu

Mobil SUV dari Isuzu satu ini masih eksis hingga saat ini. Meski versi RWD nya hanya ada versi bekas, tetapi tidak menurunkan niat orang-orang untuk memilihnya.

Desain dari Isuzu Panther ini kurang lebih sama seperti SUV kebanyakan. Ground clearance mobil ini cukup tinggi sehingga cocok untuk di berbagai medan.

Tips Memilih Mobil SUV RWD

Perlu diketahui bahwa mobil RWD yang ada saat ini sebagian besar adalah bekas atau second. Hal itu karena para pabrikan sudah mulai beralih ke sistem penggerak roda FWD karena dianggap lebih efisien..

Apabila memang masih lebih nyaman dengan penggerak RWD pada mobil, maka  pilihannya adalah membeli produk second atau bekas.

Dalam membeli SUV RWD bekas, wajib memperhatikan performanya terlebih dahulu. Lihat apakah mobil tersebut masih layak dari segi penampilan maupun dapur pacu atau mesinnya.

Pastikan bahwa sistem RWD nya masih dalam kondisi prima sehingga bisa bekerja secara maksimal.

Menggunakan SUV dengan sistem penggerak roda belakang ini sangat menarik karena memang terkenal badak untuk menaklukan berbagai jenis medan jalan, termasuk tanjakan curam sekalipun.

Terakhir, harus cermat dalam membandingkan harga ketika memilih SUV RWD. Harga rata-rata SUV RWD berbeda-beda, sesuai dengan mereknya.

Itulah mobil SUV RWD sekaligus cara memilihnya. Meski sudah mulai tergantikan, performa RWD sebenarnya masih sangat mumpuni.

(*/Jeany)