Artikel dan UlasanEdukasiKesehatanRagam

Patut Dicoba, 8 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Kita

×

Patut Dicoba, 8 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Kita

Sebarkan artikel ini
Manfaat Kentang Untuk Kesehatan
Manfaat Kentang Untuk Kesehatan (Pixabay)

3TITIK.COM – Jangan anggap remeh dengan makanan yang satu ini, ketahui manfaat kentang untuk kesehatan. Kentang, yang juga dikenal sebagai kentang tanah, adalah makanan pokok yang sangat populer di seluruh dunia. Bagi sebagian orang, kentang hanyalah makanan yang enak untuk dinikmati dalam bentuk kentang goreng atau kentang panggang. Namun, tahukah kamu bahwa kentang juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang menakjubkan? Yuk, kita lihat 8 manfaat kentang untuk kesehatan kita!

8 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kentang mengandung kandungan kalium yang tinggi, mineral yang penting untuk menjaga tekanan darah normal. Dengan mengonsumsi kentang secara teratur, kamu dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular lainnya.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat yang terkandung dalam kentang sangat baik untuk kesehatan pencernaan kita. Serat ini membantu menstimulasi gerakan usus, mencegah sembelit, dan memastikan pencernaan berjalan dengan lancar. Selain itu, serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes.

3. Menyehatkan jantung

Kentang mengandung senyawa yang disebut quercetin, yang dapat membantu melindungi jantung kita dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kaliumnya juga membantu menjaga ritme jantung yang sehat. Jadi, dengan mengonsumsi kentang, kamu dapat menjaga jantung tetap sehat dan berdetak dengan kuat.

4. Menjaga berat badan yang sehat

Meskipun kentang sering dianggap sebagai makanan yang membuat gemuk, kenyataannya, kentang dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Kentang mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi secara bertahap, sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kentang juga rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh jika tidak digoreng. Jadi, jangan takut untuk menikmati kentang sebagai bagian dari diet sehatmu!

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kentang kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Dengan mengonsumsi kentang secara teratur, kita dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan penyakit infeksi.

6. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan lainnya dalam kentang membantu dalam produksi kolagen, yang penting untuk menjaga elastisitas kulit dan melawan tanda-tanda penuaan. Selain itu, kentang juga dapat digunakan secara topikal untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti jerawat, bintik hitam, dan peradangan.

7. Meningkatkan fungsi otak

Kentang mengandung vitamin B6, yang diperlukan untuk perkembangan normal otak dan fungsi saraf. Vitamin B6 juga membantu dalam produksi zat kimia otak yang penting seperti serotonin, dopamin, dan GABA. Dengan mengonsumsi kentang, kita dapat meningkatkan konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan menjaga fungsi otak tetap optimal.

8. Menyehatkan mata

Kentang mengandung vitamin A dan senyawa karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin, yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Mereka membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan penuaan dini.

Itulah 8 manfaat kentang untuk kesehatan kita. Mulai sekarang, tambahkan kentang ke dalam menu harianmu dan nikmati manfaatnya. Tetapi ingatlah, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang seimbang dan dengan cara yang sehat seperti merebus atau memanggangnya. Selamat menikmati makanan yang lezat dan sehat ini!

(*/Siska)