Berita

Perhutani Bondowoso Laksanakan Giat Reboisasi: Memimpin Masyarakat dalam Membangun Cinta Lingkungan

×

Perhutani Bondowoso Laksanakan Giat Reboisasi: Memimpin Masyarakat dalam Membangun Cinta Lingkungan

Sebarkan artikel ini
Perhutani Bondowoso Laksanakan Giat Reboisasi
Perhutani Bondowoso Laksanakan Giat Reboisasi (Foto: Doc Perhutani Bondowoso)

BONDOWOSO – Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam merawat, memelihara, dan melindungi lingkungan, Perum Perhutani KPH Bondowoso kembali melaksanakan kegiatan reboisasi dengan melibatkan masyarakat sekitar, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Botolinggo pada Kamis, 1 Februari 2024.

Kegiatan reboisasi dilaksanakan di hutan lindung (HL) petak 3A Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Prajekan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Prajekan, yang diwakili oleh Administratur Perhutani Bondowoso, Soekirno, Wakil Administratur KSKPH Bondowoso Utara. Dalam sambutannya, Soekirno mengajak seluruh komponen masyarakat untuk lebih mencintai alam dan lingkungan. Ia menyampaikan keyakinannya bahwa dengan mencintai alam, alam juga akan memberikan kasih sayang yang sama. Soekirno berharap agar bibit alpukat dan suren yang ditanam dapat terpelihara dengan baik dan memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat.

Hermanto, Ketua LMDH Rimba Makmur Desa Penang Kecamatan Botolinggo, mengucapkan terima kasih kepada manajemen Perhutani KPH Bondowoso, Forkopimcam, dan seluruh lapisan masyarakat yang turut serta dalam kegiatan reboisasi. Ia optimis bahwa pohon yang ditanam hari ini akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Sementara itu, Kapten Infantri Adi Laksono, Komandan Rayon Militer (Danramil) Prajekan, yang terlibat langsung dalam reboisasi, menyatakan bahwa pihaknya bersama seluruh jajaran Forkopimcam akan terus memantau perkembangan tanaman. Adi Laksono mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian pohon di kawasan hutan, sehingga dapat mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Dari pantauan media, terungkap bahwa lebih dari 1.250 pohon jenis alpukat dan suren telah ditanam dalam kegiatan reboisasi ini.

(*/Red)