Artikel dan UlasanBudayaDestinasiEdukasiRagam

Perkebunan Kopi Kayumas, Petualangan Wisata dan Budaya di Situbondo

×

Perkebunan Kopi Kayumas, Petualangan Wisata dan Budaya di Situbondo

Sebarkan artikel ini
Perkebunan Kopi Kayumas
Perkebunan Kopi Kayumas (Foto: Istimewa)

Perkebunan Kopi Kayumas terletak di kecamatan Arjasa, sekitar 47 km dari kota Situbondo, Jawa Timur. Ketinggiannya berkisar antara 760 hingga 1550 meter di atas permukaan laut. Pada awalnya, perkebunan ini ditanami dengan kopi arabika dan beberapa tanaman kina dengan nama NV Mijt. Kemudian, namanya berubah menjadi Van Landem Kayumas hingga tahun 1957. Saat ini, perkebunan ini dikelola oleh PTPN XII dan menggunakan merek dagang Java Coffee Kayumanis. Selain sebagai penyumbang komoditas kopi arabika, perkebunan ini juga mengembangkan budidaya kopi luwak sebagai produk unggulan mereka. Tempat ini bukan hanya sekadar perkebunan kopi, melainkan sebuah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman unik bagi setiap pengunjungnya.

Sejarah Singkat Perkebunan Kopi Kayumas

Perkebunan Kopi Kayumas memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Didirikan pada tahun 1886, perkebunan ini awalnya dikembangkan untuk menanam kopi arabika dan tanaman kina. Sejak saat itu, Kayumas telah menjadi saksi bisu perkembangan industri kopi di Indonesia, bertransformasi menjadi salah satu produsen kopi arabika terkemuka di negara ini.

Kopi Arabika Kayumas: Warisan Budaya dan Rasa

Kopi arabika yang ditanam di Kayumas dikenal dengan cita rasanya yang khas. Berkat kombinasi tanah vulkanik yang subur dan iklim tropis yang ideal, biji kopi yang dihasilkan memiliki profil rasa yang kompleks dengan sentuhan keasaman dan aroma yang memikat. Pengunjung dapat menikmati proses pembuatan kopi, mulai dari penanaman, panen, hingga proses akhir pembuatan kopi yang siap dinikmati.

Budidaya Kopi Luwak: Keunikan yang Mendunia

Selain kopi arabika, Kayumas juga terkenal dengan budidaya kopi luwaknya. Kopi luwak adalah kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang telah dimakan dan dicerna oleh hewan luwak. Proses pencernaan ini memberikan karakteristik rasa yang unik dan menjadikan kopi luwak sebagai salah satu kopi termahal di dunia.

Wisata Alam dan Budaya di Kayumas

Perkebunan Kopi Kayumas tidak hanya menawarkan kenikmatan kopi, tetapi juga keindahan alam yang memukau. Dengan latar belakang pegunungan Ijen dan hamparan hijau perkebunan, tempat ini menjadi lokasi yang sempurna untuk menikmati keindahan alam sambil menyeruput secangkir kopi hangat. Pengunjung dapat berjalan-jalan di antara pohon kopi, menghirup udara segar, dan menikmati pemandangan yang menenangkan. Berikut beberapa pesona wisata tersembunyi di Kayumas yang wajib Anda kunjungi:

1. Air Terjun Bukit Emas

Air Terjun Bukit Emas Kayumas Situbondo (Foto: Istimewa)

Air Terjun Bukit Emas adalah permata tersembunyi di Kayumas. Dengan air yang jernih dan sejuk, air terjun ini dikelilingi oleh vegetasi hijau yang rimbun, menciptakan suasana yang damai dan menyegarkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil mendengarkan suara gemericik air yang menenangkan.

2. Wisata Tanah Merah

Wisata Tanah Merah Kayumas Situbondo (Foto: Istimewa)

Wisata Tanah Merah menawarkan pemandangan yang unik dengan tanah berwarna merah yang menjadi ciri khas daerah ini. Tempat ini sempurna untuk kegiatan fotografi, penjelajahan alam, atau sekadar berjalan-jalan menikmati keindahan alam yang berbeda dari biasanya.

3. Trail Wisata Kayumas

Trail Wisata Kayumas Situbondo (Foto: Istimewa)

Bagi penggemar motor trail, Kayumas menyediakan jalur yang menantang dengan pemandangan kebun kopi yang luas dan alam sekitar yang indah. Kegiatan ini tidak hanya menawarkan keseruan berkendara, tetapi juga kesempatan untuk menikmati keindahan alam Kayumas dari sudut pandang yang berbeda.

Kegiatan Wisata di Kayumas

Untuk mereka yang mencari petualangan, Kayumas menawarkan berbagai kegiatan wisata. Salah satunya adalah ‘Trail Wisata Kayumas’, di mana penggemar motor trail dapat menjelajahi medan ekstrem sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Selain itu, terdapat juga kegiatan seperti bird watching, camping, dan hiking yang dapat dilakukan di sekitar perkebunan.

Pengalaman Edukasi di Perkebunan Kopi

Kunjungan ke Perkebunan Kopi Kayumas juga memberikan pengalaman edukatif. Pengunjung dapat mempelajari tentang proses produksi kopi, dari biji hingga cangkir, dan mengenal lebih dekat tentang budaya kopi di Indonesia. Ini adalah kesempatan untuk memahami pentingnya kopi sebagai salah satu komoditas ekspor terbaik Indonesia dan peranannya dalam perekonomian lokal.

Kesimpulan

Perkebunan Kopi Kayumas di Situbondo adalah sebuah destinasi yang menawarkan lebih dari sekadar kenikmatan kopi. Ini adalah tempat di mana Anda dapat menikmati keindahan alam, mempelajari budaya kopi, dan tentu saja, mencicipi salah satu kopi terbaik yang ditawarkan oleh tanah Jawa. Dengan sejarahnya yang panjang, keunikan budidaya kopi luwak, dan keindahan alam yang memukau, Kayumas adalah surga bagi pecinta kopi dan wisata alam.

(*/Jeany)