BeritaBudayaRagam

Pesta Kesenian Janger Sastra Dewa: Warga Perkebunan Besaran Glenmore Sambut Tahun Baru dengan Semangat Budaya

×

Pesta Kesenian Janger Sastra Dewa: Warga Perkebunan Besaran Glenmore Sambut Tahun Baru dengan Semangat Budaya

Sebarkan artikel ini
Jangger Sastra Dewa
Warga Perkebunan Besaran Glenmore Sambut Tahun Baru dengan Semangat Budaya (Foto: HR)

BANYUWANGI – Ragam cara menyambut pergantian tahun baru 2023-2024 dilakukan oleh masyarakat, semuanya dipenuhi oleh semangat kebersamaan, dengan harapan agar tahun 2024 membawa kemajuan dalam segala aspek.

Salah satu upacara tersebut diadakan oleh warga afdeling perkebunan Besaran PTPN X Glenmore, di Desa Margomulyo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Mereka memilih merayakan pergantian malam tahun baru dengan pertunjukan kesenian janger Sastra Dewa dari Desa Wonosobo, Kecamatan Srono, pada Minggu (31/12/2023).

Kesenian janger sendiri menjadi bagian penting dari warisan adat dan budaya, dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Imam, seorang warga setempat, “Kesenian janger akan membawa dampak positif pada pandangan masyarakat luar, mengingat bahwa cerita yang terdapat dalam kesenian janger mencerminkan kehidupan pada masa lalu.”

Lebih lanjut, Imam menyampaikan, “Banyak hal yang dapat dijadikan pembelajaran mengenai budaya dan sejarah kejawen di pulau Jawa ini.”

Pendapat serupa disampaikan oleh Safi,i, yang menjelaskan bahwa biaya pertunjukan janger dibiayai secara swadaya atau melalui iuran warga kebun besaran.

“Biaya kesenian janger ini kami tanggung bersama, dan kegiatan ini telah menjadi agenda rutin tahunan. Pelaksanaannya tidak hanya terbatas pada malam tahun baru, tetapi juga dapat berlangsung pada hari raya, tergantung pada kesepakatan warga,” ungkap Safi,i.

Semua ini dilakukan dengan tujuan memberikan hiburan dan meningkatkan pemahaman akan warisan budaya nenek moyang di tanah Jawa, terutama pada saat-saat penting seperti pergantian tahun.

Safi,i menambahkan, “Kami yakin bahwa kehadiran pertunjukan kesenian pada momen-momen bersejarah seperti pergantian tahun memiliki dampak positif yang signifikan.”

Dengan melibatkan pihak keamanan dari Polsek Glenmore, Koramil 0825/16 Glenmore, dan linmas Pemdes Margomulyo, acara kesenian berlangsung dalam suasana aman dan kondusif.

(*/HR)