Berita

Polda Jatim Bersiap Mengamankan Nataru dengan 194 Pos Operasi Lilin Semeru

×

Polda Jatim Bersiap Mengamankan Nataru dengan 194 Pos Operasi Lilin Semeru

Sebarkan artikel ini
Polda Jatim Bersiap Mengamankan Nataru dengan 194 Pos Operasi Lilin Semeru
Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Jatim, Kombes Pol Komarudin (Foto: Doc Humas)

SURABAYA – Untuk menjaga kondusifitas selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polda Jatim menggelar Operasi Lilin Semeru 2023. Sebanyak 13.034 personel gabungan dari TNI-Polri dan pihak terkait akan terlibat dalam operasi ini.

Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Jatim, Kombes Pol Komarudin, sebagai Kasatgas Opsda Operasi Lilin Semeru, menjelaskan bahwa pengamanan kegiatan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 juga melibatkan pembangunan 194 Pos.

“Kami menyiapkan 143 Pos Pengamanan, 42 Pos Pelayanan, dan 9 Pos Terpadu,” ujar Kombes Pol Komarudin setelah mengikuti Rapat Koordinasi lintas sektoral di Mapolda Jatim pada Jumat (15/12).

Pos-pos tersebut akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang diperlukan sesuai dengan karakteristik setiap wilayah.

“Penempatan pos-pos ini akan disesuaikan dengan kriteria tertentu, seperti tempat wisata, jalur penyeberangan, dan tempat-tempat peribadatan,” jelas Kombes Komarudin.

Selain itu, Dirlantas Polda Jatim juga menyebutkan adanya beberapa potensi dan titik rawan, termasuk titik rawan bencana, titik rawan kemacetan, atau mobilitas masyarakat saat pergantian tahun.

Diprediksi dari 107 juta pergerakan masyarakat, Jawa Timur menempati peringkat pertama dengan perkiraan 17 persen dari total pergerakan.

“Artinya, akan terjadi peningkatan aktivitas kegiatan, dan inilah mengapa kami menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, untuk memastikan bahwa sarana dan prasarana serta personel yang akan kami siapkan sesuai dengan potensi yang ada,” pungkasnya.

(*/Humas)