Berita

Polres Bondowoso Terlibat Aktif dalam Proses Trauma Healing untuk Anak-Anak Pasca Bencana Angin Puting Beliung

×

Polres Bondowoso Terlibat Aktif dalam Proses Trauma Healing untuk Anak-Anak Pasca Bencana Angin Puting Beliung

Sebarkan artikel ini
Polres Bondowoso
Anggota Polres Bondowoso melaksanakan kegiatan Trauma Healing untuk membantu anak-anak pulih dari dampak psikologis pasca bencana puting beliung (Foto: Doc Humas)

BONDOWOSO – Anggota Polres Bondowoso Polda Jatim melaksanakan kegiatan Trauma Healing untuk membantu anak-anak pulih dari dampak psikologis yang diakibatkan oleh bencana angin puting beliung di Desa Walidono, Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso.

Aiptu Septi, seorang anggota Polwan Polres Bondowoso, turut serta dalam kegiatan tersebut dan terlihat berada di lokasi, yakni Desa Walidono, Kecamatan Prajekan, bersama puluhan anak pada Senin (22/01/2024).

Aiptu Septi menjelaskan bahwa kegiatan Trauma Healing ini bertujuan memberikan dukungan emosional kepada anak-anak yang mengalami dampak psikologis akibat bencana. “Fokus utama kami adalah anak-anak yang mungkin mengalami ketakutan, kecemasan, atau trauma setelah bencana angin puting beliung,” ungkapnya.

Tidak hanya memberikan dukungan emosional, Aiptu Septi bersama Tim Trauma Healing Polres Bondowoso juga berupaya membantu anak-anak korban bencana pulih secara emosional dan mendukung proses pemulihan mereka.

Aiptu Septi menekankan bahwa kegiatan Trauma Healing dilakukan dengan pendekatan yang bersahabat terhadap anak-anak. “Metode ini melibatkan kegiatan yang mendukung, seperti bermain, berkreativitas, serta berdialog secara santai untuk membantu mereka mengungkapkan perasaan dan mengatasi ketidaknyamanan akibat bencana,” tambahnya.

Menurut Aiptu Septi, perhatian terhadap aspek psikologis menjadi sangat penting dalam situasi bencana. Trauma Healing dianggap sebagai langkah awal untuk membantu masyarakat, terutama anak-anak, mengatasi dampak psikologis yang timbul akibat bencana tersebut.

Dalam konteks terpisah, Kapolres Bondowoso AKBP Lintar Mahardhono, SH. SIK, menyatakan bahwa selain membantu secara fisik dengan memperbaiki rumah warga, pihaknya juga menyertakan tim Trauma Healing. Menurutnya, tindakan ini merupakan bentuk kehadiran Polri di tengah masyarakat untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu mereka pulih dan kembali normal setelah mengalami bencana angin puting beliung di Kecamatan Prajekan,” harap AKBP Lintar Mahardhono.

(*/Humas)