BeritaHukumKriminal

Polres Situbondo Berhasil Amankan Sebuah Mobil Toyota Hiace yang Diduga akan Digelapkan

×

Polres Situbondo Berhasil Amankan Sebuah Mobil Toyota Hiace yang Diduga akan Digelapkan

Sebarkan artikel ini
Polres Situbondo Berhasil Amankan Sebuah Mobil Toyota Hiace yang Diduga akan Digelapkan
Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H., saat menyerahkan mobil Toyota Hiace kepada pemilik (humas)

SITUBONDO – Polres Situbondo berhasil mengamankan sebuah mobil Toyota Hiace yang diduga akan digelapkan atau digadaikan oleh sejumlah orang yang tak bertanggung jawab.

Kini mobil tersebut telah diserahkan kepada pemiliknya Putu Oka Sujiatmika, pengusaha Rental Bali Tridatu Travelling, Kuta Bali, di Mapolres Situbondo, Jumat (6/10/2023).

Berdasarkan informasi yang dihimpun seblang.com, Mobil Hiace ini sebelumnya telah dibawa lari dari Bali ke Jawa. Rencananya, mobil akan digadaikan oleh tiga orang komplotan. Aksi penggelapan ini pun gagal setelah korban membuat aduan kepada petugas Polres Situbondo lewat sambungan telepon untuk menghadang mobil Hiace miliknya yang terdeteksi melewati jalur lintas Situbondo.

Sehingga, mobil tersebut berhasil diamankan oleh tim gabungan Satlantas Polres Situbondo, Satreskrim, dan Polsek setempat sebelum digadaikan pada Selasa (3/10/2023). Ketiga orang yang berada di dalam mobil itu pun telah diperiksa, dan pemilik rental langsung dihubungi.

Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H.,  menyerahkan langsung mobil beserta dokumen STNK dan kunci kontaknya kepada pemiliknya.

“Pagi hari ini Jumat (6/10/2023), Polres Situbondo menyerahkan satu unit kendaraan Hiace beserta kelengkapan surat-suratnya kepada pemilik. Yang mana, mobil ini dari Bali diduga akan digelapkan oleh para pelaku dengan menggadaikannya ke Pulau Jawa,” kata AKBP Dwi.

Kapolres pun mengimbau kepada masyarakat untuk memasang sistem keamanan seperti GPS pada kendaraan mereka baik kendaraan pribadi maupun rental. Hal ini guna mencegah kejadian serupa.

“Pemasangan GPS di kendaraan ini sangat penting, karena jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akan segera cepat ditemukan,” ujarnya.

Sementara, Putu Oka Sujiatmika, pemilik mobil menyampaikan terimakasihnya kepada Kapolres Situbondo beserta jajarannya karena telah merespons cepat pengaduannya.

Ia menjelaskan, awalnya mobilnya ini disewa seseorang berinisial BP untuk mengangkut tamunya sebanyak 12 orang guna melakukan perjalanan di area Bali, khususnya di Daerah Negare dan Menjangan, Sabtu (2/9/2023) lalu. Namun ternyata, mobil tersebut malah keluar dari pulau Bali yang terdeteksi melalui GPS.

Mengetahui hal tersebut, Putu Oka menghubungi Polres Situbondo untuk segera menghentikan BP yang terdeteksi tengah melintas di Kabupaten Situbondo. Alhasil, mobilnya dapat diamankan.

“Saya sangat berterimakasih karena unit ini tidak sampai terjual atau digadaikan oleh BP. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Polres Situbondo atas respons cepat terhadap pengaduan saya sehingga unit saya dapat terselamatkan,” ungkapnya.

(*/humas)