Berita  

Polres Situbondo Berikan Hadiah Istimewa di Hari Bhayangkara: SIM D untuk Difabel!

Polres Situbondo
Polres Situbondo Berikan Pelayanan Istimewa SIM D kepada Rekan Difabel (Dok. Satpas Polres Situbondo)

SITUBONDO – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Polres Situbondo memberikan kado istimewa kepada penyandang disabilitas (difabel) di Kabupaten Situbondo. Hadiah istimewa ini berupa Pelayanan Khusus Penerbitan SIM D yang diiringi pelatihan bagi 5 (lima) difabel di Situbondo, Rabu (12/06/24).

Program ini merupakan wujud nyata komitmen Polres Situbondo untuk mewujudkan Polri Presisi, yaitu prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. Hal ini dibuktikan dengan pelayanan yang mudah, prima, dan inklusif bagi seluruh masyarakat, termasuk difabel.

Penerbitan SIM D bagi difabel di Situbondo dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi mereka. Berbagai kemudahan diberikan, seperti:

  • Pelatihan: Difabel diberikan pelatihan terlebih dahulu untuk memahami materi ujian dan teknik mengemudi yang aman.
  • Kendaraan Khusus: Ujian praktik menggunakan kendaraan yang dimodifikasi khusus untuk memudahkan difabel dalam mengemudi.
  • Petugas Ramah: Petugas Satpas yang melayani difabel dilatih dengan khusus dan ramah untuk membantu mereka selama proses penerbitan SIM D.
  • Fasilitas Lengkap: Satpas menyediakan berbagai fasilitas yang ramah difabel, seperti kursi roda, rambatan tangan, toilet khusus, dan jalur serta parkir khusus.

Ketua Pelopor Peduli Disabilitas Situbondo (PPDIS), Ibu Luluk Ariyantiny, memberikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi dan pelayanan Satpas Polres Situbondo. Beliau berharap program ini dapat membantu difabel di Situbondo untuk lebih mandiri dan produktif.

Pemberian pelayanan khusus SIM D bagi difabel di Situbondo bukan hanya sekedar penerbitan SIM. Ini adalah sebuah langkah besar untuk mewujudkan inklusivitas dan kesetaraan bagi difabel di Indonesia. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif, seperti:

  • Meningkatkan mobilitas dan kemandirian difabel.
  • Membuka peluang kerja bagi difabel yang ingin bekerja sebagai pengemudi.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri difabel.
  • Mendorong terciptanya lingkungan yang inklusif dan ramah difabel di Kabupaten Situbondo.
Baca juga:  Harga Bitcoin Terjun, Altcoin dan Memecoin Menguat: Sinyal Apa Bagi Pasar Kripto?

Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Tutud Yudho Prastyawan, S.H., menyampaikan bahwa Inovasi ini menunjukkan bahwa Petugas Satpas siap memberikan Pelayanan yang baik dan humanis kepada rekan difabel dalam Proses Penerbitan SIM D di Satpas Polres Situbondo, selain itu ia juga menambahkan Satpas Polres Situbondo siap melayani dengan baik dan ikhlas kepada masyarakat Kabupaten Situbondo yang akan melaksanakan proses penerbitan SIM.

(*/Satpas Polres Situbondo)

* Ikuti berita terbaru 3titik.com di Google News klik disini jangan lupa di follow.