BeritaPolitik

Polres Situbondo Siapkan 500 Personil Pengamanan Pemilu 2024

×

Polres Situbondo Siapkan 500 Personil Pengamanan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Polres Situbondo
Kabag Ops Polres Situbondo Kompol Agus Widodo mengatakan anggota yang diterjunkan untuk pengamanan Pemilu 2024 sekitar 500 personel (doc. humas)

SITUBONDO Polres Situbondo mempersiapkan ratusan personel untuk diterjunkan dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangkaian pengamanan Pemilu 2024.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Situbondo Kompol Agus Widodo, mengatakan anggota yang diterjunkan untuk pengamanan Pemilu 2024 sekitar 500 personel itu menyesuaikan dengan jumlah anggota Polisi di Polres setempat.

“Jadi untuk pengamanan pemilu seluruh personel di Polres hingga Polsek Jajaran yang tersebar di 17 kecamatan ditugaskan mengamankan pemilu,” ujar Kompol Agus Widodo di Situbondo, Jawa Timur, Jumat (29/9/2023)

Mengenai adanya seleksi personel yang akan bertugas pengamanan pemilu dengan batas usia maksimal 50 tahun, lanjut dia, hingga saat ini Polres Situbondo belum menerima arahan dari atasannya (Mabes Polri).

Selama ini, kata Kompol Agus, seluruh personel polisi harus selalu siap bertugas melakukan pengamanan pemilu, kecuali anggota yang sedang sakit dan kesehatan lainnya.

“Dalam Operasi Mantap Brata nantinya ratusan personel punya tugas dan tanggung jawab pengamanan pemilu maupun pemilihan kepala daerah 2024,” katanya.

Kompol Agus menjelaskan, ratusan personel Polres Situbondo melaksanakan pengamanan pemilu mulai dari tahapan pendaftaran, masa kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara dan tahapan-tahapan lainnya.

“Seluruh anggota kami juga mengamankan hingga di tempat pemungutan suara atau TPS bersinergi dengan anggota TNI dan petugas perlindungan masyarakat (linmas),” katanya

Ia menambahkan dalam waktu dekat Polres Situbondo segera melaksanakan latihan atau simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) sebagai bentuk kesiapan petugas kepolisian menghadapi pengamanan pemilu.

“Intinya kami Polres Situbondo sudah siap melaksanakan tugas mengamankan setiap tahapan-tahapan Pemilu Serentak 2024,” pungkas Kompol Agus.

(*/humas)