Berita

Prabowo Subianto Resmi Menjadi Jenderal TNI Kehormatan, Ini Kata Jokowi

×

Prabowo Subianto Resmi Menjadi Jenderal TNI Kehormatan, Ini Kata Jokowi

Sebarkan artikel ini
Jenderal TNI Kehormatan
Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto serta Kapolri  saat menghadiri Rapim TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta. (Foto: Dok. Kumparan)

JAKARTA – Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan RI, kini resmi menyandang pangkat Jenderal TNI Kehormatan (HOR) setelah dianugerahi penghargaan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu, 28 Februari 2024. Penganugerahan ini dilakukan dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemberian pangkat istimewa ini adalah bentuk penghargaan dan peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, bangsa, dan negara. “Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto,” kata Jokowi saat menyematkan tanda pangkat bintang empat kepada Prabowo.

Prabowo, yang mengenakan seragam Pakaian Dinas Upacara (PDU) TNI lengkap dengan brevet, tanda jasa, dan tanda kehormatan, mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan TNI atas penghargaan ini. “Ini adalah kehormatan yang sangat besar bagi saya. Saya akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” ujar Prabowo.

Pangkat Jenderal TNI (HOR) diberikan kepada Prabowo berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13/TNI/Tahun 2024 yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada 21 Februari 2024. Pangkat ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Sebelum Prabowo, beberapa tokoh yang pernah mendapat pangkat Jenderal TNI (HOR) antara lain Susilo Bambang Yudhoyono, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Abdullah Mahmud Hendropriyono. Pangkat terakhir Prabowo sebelumnya adalah Letnan Jenderal TNI, yang ia sandang saat menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI AD pada tahun 1998.

Prabowo Subianto adalah mantan calon presiden RI yang pernah berkompetisi dengan Jokowi pada pemilu 2019. Ia kemudian bergabung dengan kabinet Jokowi sebagai Menteri Pertahanan pada Oktober 2019. Sebagai Menhan, Prabowo telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pertahanan dan keamanan Indonesia, termasuk memperkuat kerjasama dengan negara-negara sahabat.

(*/Red)