BeritaInternasional

Presiden AS Joe Biden: Gaza dan Tepi Barat Harus Kembali ke Pemerintahan Palestina

×

Presiden AS Joe Biden: Gaza dan Tepi Barat Harus Kembali ke Pemerintahan Palestina

Sebarkan artikel ini
Joe Biden
Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menulis sebuah esai panjang yang diterbitkan oleh surat kabar The Washington Post, Sabtu (18/11) sore waktu setempat atau Minggu (19/11) dini hari waktu Indonesia Bagian Barat. Dalam opininya tersebut, Biden menjawab apa saja yang ia inginkan untuk Gaza.

“Saat kita berupaya mencapai perdamaian, Gaza dan Tepi Barat harus dipersatukan kembali di bawah satu struktur pemerintahan, yang pada akhirnya ada di bawah revitalisasi Otoritas Palestina seiring dengan upaya menuju solusi dua negara,” tulis Biden dalam artikel tersebut.
“Tidak boleh lagi ada warga Palestina yang dipindahkan paksa dari Gaza, tidak boleh lagi ada pendudukan kembali, tidak boleh lagi ada pengepungan atau blokade, dan tidak boleh lagi ada pengurangan wilayah,” terusnya.
Melansir Reuters, rencana Biden tersebut dikritik oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Ia menilai otoritas Palestina saat ini tak akan mampu bertanggung jawab atas Gaza.
“Saya pikir dalam bentuknya yang sekarang tidak akan mampu menerima tanggung jawab atas Gaza setelah kami berjuang dan melakukan semua ini untuk menyerahkan kepada mereka,” ucap Netanyahu dalam konferensi persnya di Tel Aviv.
Netanyahu juga menegaskan bahwa Israel harus mempertahankan “tanggung jawab militer secara keseluruhan” di Gaza di masa yang akan datang. Padahal hingga 2007, Otoritas Palestinalah yang memerintah Tepi Barat dan Gaza sebelum digulingkan.

Biden Siap Larang Esktrimis yang Serang Warga Sipil

Dalam opini bertajuk “Joe Biden: AS tidak akan mundur dari tantangan Putin dan Hamas” tersebut, Joe Biden juga menegaskan Amerika Serikat siap mengeluarkan larangan visa bagi “ekstrimis” yang menyerang warga sipil di Tepi Barat. Sejak 7 Oktober 2023 lalu, serangan yang dilakukan oleh para pemukim Israel terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki memang meningkat.
“Saya tegaskan kepada para pemimpin Israel bahwa kekerasan ekstremis terhadap warga Palestina di Tepi Barat harus dihentikan dan mereka yang melakukan kekerasan harus dimintai pertanggungjawaban,” tegas Biden.
Sementara itu, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, mendesak Biden agar menekan Israel untuk menghentikan kekerasan terhadap warga Palestina.
“Saya menyerukan anda untuk segera melakukan intervensi untuk menghentikan serangan pasukan Israel dan terorisme yang terus menerus dilakukan oleh para pemukim Israel terhadap rakyat kami di Tepi Barat dan Yerusalem,” pinta Abbas dalam pidatonya.
(*/Red)