Berita

Presiden Jokowi Menanggapi Peningkatan Arus Pengungsi Rohingya: Masyarakat Setempat Akan Tetap Diutamakan

×

Presiden Jokowi Menanggapi Peningkatan Arus Pengungsi Rohingya: Masyarakat Setempat Akan Tetap Diutamakan

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi Menanggapi Peningkatan Arus Pengungsi Rohingya
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan terkait pengungsi Rohingya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 8 Desember 2023. (Foto: Doc BPMI Setpres)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo, dalam tanggapannya terhadap peningkatan arus pengungsi Rohingya yang masuk ke Indonesia, menyatakan bahwa pemerintah akan terus mengutamakan kepentingan masyarakat setempat dalam menangani para pengungsi. Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 8 Desember 2023.

Dalam keterangannya, Kepala Negara tersebut juga menyoroti dugaan adanya keterlibatan jaringan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang menjadi faktor peningkatan arus pengungsi Rohingya ke Indonesia. “Saya memperoleh laporan mengenai pengungsi Rohingya yang makin banyak yang masuk ke wilayah Indonesia, terutama Provinsi Aceh, terdapat dugaan kuat, ada keterlibatan jaringan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dalam arus pengungsian ini,” jelas Presiden.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan terus meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan sejumlah pihak untuk menangani masalah ini. “Pemerintah Indonesia akan terus berkoordinasi dengan organisasi internasional untuk menangani masalah ini,” tandasnya.

(*/BPMI Setpres)