Berita  

Priska Sahanaya Bersama AGATIS Memberikan Training Public Speaking di SD Santo Yakobus

Foto kebersamaan Coach Priska Sahanaya bersama siswa-siswi SD Santo Yakobus. Sumber : Dok. Pribadi.

Kenalkan Public Speaking Pada Anak

Pada masa perkembangan anak, seringkali anak menunjukkan keingintahuannya dan sering meniru perilaku-perilaku yang biasa anak lihat di kehidupan sehari-harinya. Pada masa tersebut, peran orang dewasa di sekitarnya sangat penting untuk menjadi contoh baik untuk anak, untuk mengajarkan anak akan hal-hal baru yang diminatinya, dan memantau serta mengarahkan anak untuk berkembang lebih baik lagi. Salah satu keterampilan yang perlu dikenalkan pada anak adalah kemampuan public speaking. Kemampuan ini melatih anak untuk dapat berkomunikasi secara runut dan percaya diri di depan banyak orang karena tujuan dari public speaking adalah untuk mengajak orang-orang yang mendengarkan untuk meyakini dan merubah persepsi orang yang mendengarkan untuk kemudian mengikuti hal-hal yang dianjurkan pembicara. Anak perlu mengetahui alasan mengapa kemampuan tersebut berguna untuknya agar anak semakin tertarik untuk belajar dan berlatih agar anak mampu untuk mengaplikasikan kemampuannya tersebut di kehidupan sehari-hari.

Selaku Praktisi Public Speaking, Coach Priska Sahanaya sangat peduli terhadap pentingnya mengajarkan public speaking pada anak-anak usia sekolah untuk membantu membentuk karakter anak yang lebih percaya diri ketika menunjukkan kemampuan public speaking-nya di depan umum dan agar anak memahami esensi dari pentingnya memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni. Coach Priska Sahanaya menginisiasi untuk mengadakan program workshop public speaking yang telah diikuti oleh ratusan ribu peserta, dan kini Coach Priska Sahanaya melanjutkan misinya untuk melakukan training public speaking di 1000 sekolah di Jakarta dari tingkat pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK. 

Acara workshop juga diramaikan oleh kegiatan lomba mewarnai yang disponsori oleh Agatis. Sumber : Dok. Pribadi.

Salah satunya pada 17 Juni 2024, Coach Priska Sahanaya berkesempatan untuk mengadakan kegiatan workshop di SD Santo Yakobus yang dimeriahkan juga oleh acara lomba mewarnai bersama Agatis. Siswa-siswi SD Santo Yakobus sangat antusias untuk berkarya dan menunjukkan bakat seninya menggunakan pensil warna Agatis Prime yang berkualitas tinggi dan tentunya ramah lingkungan. Agatis juga turut serta memberikan hadiah pada siswa-siswi yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan workshop.

Baca juga:  Prediksi Harga Ethereum: Apakah ETF akan Membawa ETH ke Puncak $5000?

Respon Positif Guru dan Siswa

Salah satu sesi tanya jawab tentang public speaking. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Dalam kegiatan workshop tersebut Coach Priska Sahanaya membawakan tema “4 Teknik Presentasi” dengan memberikan tips dan trik yang dapat diaplikasikan para murid agar presentasi dapat disampaikan secara menarik, informatif, dan inspiratif. Coach Priska Sahanaya mengajarkan materi dengan menggunakan metode interaktif yaitu dengan mengadakan kompetisi yang mengajak para murid untuk aktif dalam kegiatan tanya jawab dan juga untuk berani mencoba tampil ke depan kelas untuk menampilkan kemampuan public speaking-nya. Setiap murid yang berpartisipasi akan mendapatkan poin. Kemudian poin-poin akan diakumulasikan di akhir acara dan murid dengan poin terbanyak akan mendapatkan hadiah berupa medali penghargaan dari Coach Priska Sahanaya. Kompetisi ini berhasil meningkatkan antusiasme seluruh murid untuk berlomba-lomba menunjukkan kemampuan public speaking-nya pada Coach Priska Sahanaya.

Foto Coach Priska Sahanaya bersama guru dan siswa yang memenangkan poin terbanyak selama workshop. Sumber : Dok. Pribadi.

Guru-guru SD Santo Yakobus salut dengan cara pengajaran Coach Priska Sahanaya yang dapat mengajak seluruh murid untuk berani mencoba berpartisipasi. Metode interaktif membuat materi menjadi semakin mudah dipahami karena siswa diberikan kesempatan untuk bertanya hal-hal yang kurang dipahaminya dan juga dapat mempraktikkan materi dengan langsung tampil di depan kelas. Guru-guru SD Santo Yakobus berharap acara yang bermanfaat seperti ini lebih sering diadakan agar dapat menginspirasi para murid untuk semakin giat dalam mengasah kemampuan public speaking-nya.

Testimoni Siswa

Potret siswa-siswi ketika mengikuti acara workshop. Sumber: Dok. Pribadi.

Acara workshop berhasil mendapatkan kesan positif dari para murid sebagai workshop yang menyenangkan dan asyik untuk diikuti. Salah satunya Kaitlyn, murid kelas 6 membagikan bahwa, “Hari ini kegiatan sangat menarik karena tentunya Kak Priska Sahanaya yang membawakannya. Tak hanya itu, kita tidak cuma mempelajari public speaking, kita juga terdapat games untuk meningkatkan semangat kembali. Menurut saya, manfaatnya sangat banyak. Jadi saya hanya menyebutkan beberapa. Pertama, kami bisa lebih berani untuk melakukan public speaking. Kedua, kita juga mengetahui komponen, teknik, dan cara-cara untuk melakukan public speaking. Menurut saya, Kak Priska Sahanaya itu sangat menyenangkan, dan juga asyik, tidak kaku atau tidak tegang dan juga Kak Priska Sahanaya itu tentunya sangat cantik,” jelas Kaitlyn. 

Baca juga:  Harga TON IDR Meroket di Tengah Pasar Kripto yang Lesu, Ini Alasannya!

Selanjutnya, salah satu murid kelas 6 bernama Emily menceritakan kesan yang dirasakannya selama mengikuti acara, “Manfaat dari acara hari ini, kita dapat mengetahui apa itu public speaking, bagaimana cara mempraktikkannya di depan banyak orang juga. Aku juga baru tahu tentang apa itu ice breaking juga penguasaan panggung saat public speaking. Menurut saya, Coach Priska Sahanaya itu cantik, asyik, dan juga menarik” tambah Emily.

Testimoni Guru

Potret kegiatan power whoosh, yaitu kegiatan memberikan semangat pada siswa-siswi yang berani maju ke depan. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Ibu Yohana, selaku guru kelas 6 di SD Santo Yakobus terkagum dengan pembawaan workshop Coach Priska Sahanaya yang menurutnya energetik, menarik, dan menunjukkan public speaker yang berkarisma. Ibu Yohana berpendapat, “Anak-anak kelas 6 ini sebentar lagi akan masuk ke stage SMP, dimana di SMP itu akan ada banyak presentasi yang mengharuskan anak-anak berani untuk tampil di depan umum. Jadi, ini adalah salah satu event yang menarik untuk anak-anak yang pastinya nanti akan berguna untuk di SMP dan juga jenjang-jenjang berikutnya. Coach Priska Sahanaya itu energetik, menarik, dan berkarisma, ujar Bu Yohana. 

Selain itu Ibu Heni, selaku guru mata pelajaran PPKn untuk kelas 5, juga memberikan kesannya terkait pelaksanaan workshop, “Yang menarik di acara public speaking hari ini sangat banyak sekali. Apalagi ini disampaikan di depan peserta didik SD yang masih notabenenya mereka masih belajar banyak hal untuk eksplorasi. Nah, terkadang terkait public speaking ini kita juga tahu bahwa namanya komunikasi itu sangat penting dimanapun kita berada. Terutama anak-anak di keluarga, di sekolah, dan di masyarakat. Dan juga tidak hanya di bidang pendidikan tentunya, tetapi juga di bidang pekerjaan. Nah, manfaatnya dengan adanya acara public speaking hari ini mereka bisa mengetahui terkhusus mengenai teknik-teknik apa saja yang bisa mereka lakukan ketika mereka nanti melakukan presentasi di depan umum agar yang disampaikan itu menarik. kalau disampaikan menarik tentunya juga tujuan dari yang disampaikan itu juga bisa tersampaikan dengan jelas kepada audiens sehingga audiens juga tahu, paham, dan akhirnya bisa melaksanakan apa yang disampaikan oleh presenter tersebut. Menurut saya, Coach Priska Sahanaya itu cantik, menarik, dan humble,“ timpal Bu Heni

Baca juga:  Punya Rating 4.9/5 dari 550+ Ulasan, Barantum Jadi Vendor CRM Dengan Ulasan Terbaik di Indonesia

Harapan dan Pesan Coach Priska Sahanaya

Coach Priska Sahanaya mengharapkan workshop public speaking yang diadakan di SD Santo Yakobus ini dapat menarik perhatian para murid untuk terus melatih kepercayaan diri dan mendorong para murid untuk berani bereksplorasi dalam mengekspresikan dirinya. Coach Priska Sahanaya juga mengingatkan para murid dan guru untuk senantiasa selalu menciptakan ruang belajar yang suportif sehingga dalam masa perkembangan diri, murid selalu mendapatkan dukungan yang positif untuk semakin mengenali dan mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya untuk menunjang masa depan yang ingin dicapainya.

Pendaftaran

Mau sekolah Anda mendapatkan public speaking dari coach Priska Sahanaya? Yuk daftarkan sekarang juga melalui nomor di bawah ini!

Coach Priska Sahanaya
081389608249

Nama penulis: Anggi Tresna Santika

* Ikuti berita terbaru 3titik.com di Google News klik disini jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES