BeritaHukum dan Kriminal

Satpolairud Polres Situbondo Berhasil Amankan Perahu Nelayan Asal Probolinggo yang Melanggar Jalur Penangkapan Ikan

×

Satpolairud Polres Situbondo Berhasil Amankan Perahu Nelayan Asal Probolinggo yang Melanggar Jalur Penangkapan Ikan

Sebarkan artikel ini
Satpolairud Polres Situbondo
Satpolairud Polres Situbondo saat mengamankan perahu nelayan yang melanggar zona tangkap ikan (Foto: Doc Humas)

SITUBONDO – Berdasarkan laporan dari masyarakat di Pesisir Dusun Pagarcarang, Desa Suboh, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, Satpolairud Polres Situbondo telah berhasil menangkap sebuah perahu nelayan dari Kabupaten Probolinggo yang diduga melakukan penangkapan ikan di wilayah laut yang melanggar aturan, pada Selasa (16/01/2024).

Perahu nelayan asal Kabupaten Probolinggo ini ditemukan beroperasi kurang dari 1 mil dari bibir pantai perairan Dusun Pagarcarang, Desa Suboh, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kami segera mengamankan perahu nelayan yang diduga melakukan pelanggaran dalam penangkapan ikan,” ungkap Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H melalui AKP Gede Sukarmadiyasa, SH, MH, Kasatpolairud Polres Situbondo.

AKP Gede Sukarmadiyasa menjelaskan lebih lanjut bahwa berdasarkan informasi dari masyarakat, personil Satpolairud Polres Situbondo mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan dasar surat perintah tugas nomor: Sprin/253/I/HUK.6.6/2024 tanggal 15 Januari 2024.

“Dengan menggunakan kapal nelayan sebagai penyamaran, anggota Satpolairud mendekati kapal Mega Jaya asal Probolinggo yang sedang melakukan penangkapan ikan dengan jaring jenis pukat cincin teri di Perairan Dusun Pagarcarang, Desa Suboh, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, tepatnya pada koordinat 07° 44′ 49″ LS – 113° 44′ 21″ BT yang berjarak kurang dari 1 mil dari bibir pantai,” tambahnya.

AKP Gede Sukarmadiyasa melanjutkan bahwa Mistari, Nahkoda kapal berusia 43 tahun asal Desa Banyuanyar Tengah, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, beserta awak kapalnya, telah diamankan di Polres Situbondo, sementara alat tangkap ikan disita di Pelabuhan Kalbut. “Untuk proses lebih lanjut, Nahkoda, ABK, perahu, dan alat tangkap ikan sudah kita amankan,” pungkas AKP Gede Sukarmadiyasa.

(*/Humas)