BeritaBisnisTeknologi

Telkomsel dan Microsoft Perkuat Kolaborasi AI untuk Layanan Pelanggan dan Bisnis

×

Telkomsel dan Microsoft Perkuat Kolaborasi AI untuk Layanan Pelanggan dan Bisnis

Sebarkan artikel ini
Telkomsel dan Microsoft
Telkomsel dan Microsoft melanjutkan kemitraan mereka dalam bidang kecerdasan buatan (AI) dengan mengintegrasikan lebih banyak teknologi Microsoft Azure AI ke dalam platform pelanggan dan bisnis Telkomsel. (Foto: Telkomsel)

JAKARTA – Telkomsel dan Microsoft melanjutkan kemitraan mereka dalam bidang kecerdasan buatan (AI) dengan mengintegrasikan lebih banyak teknologi Microsoft Azure AI ke dalam platform pelanggan dan bisnis Telkomsel. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengalaman gaya hidup digital pelanggan dengan layanan yang lebih cerdas, efisien, dan inovatif.

Kolaborasi ini merupakan kelanjutan dari integrasi Microsoft Azure OpenAI Service yang telah dilakukan sebelumnya, yang membuat Veronika, asisten virtual Telkomsel, dapat memberikan solusi lebih cepat dan akurat. Dengan integrasi ini, Telkomsel berhasil meningkatkan interaksi layanan mandiri pelanggan dari 19 menjadi 45 persen, dengan peningkatan 140 persen rata-rata pesan per pengguna, terutama untuk produk gaya hidup digital.

Kolaborasi terbaru ini telah ditandatangani oleh kedua perusahaan di acara Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol, pada Selasa (27/2) waktu setempat. Ini menunjukkan komitmen Telkomsel untuk menjadi digital telco service provider terbaik di regional dengan terus menghadirkan solusi inovatif terdepan bagi pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini.

“Melalui perluasan kolaborasi dengan Microsoft, memungkinkan kami untuk memperkuat kapabilitas AI di berbagai layanan yang kami tawarkan, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih cerdas, efisien, dan inovatif bagi seluruh pelanggan,” kata Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, dalam pernyataan resmi, Rabu (28/2) WIB.

Salah satu bentuk kolaborasi ini adalah program pelatihan AI untuk karyawan Telkomsel, yang mencakup pelatihan dalam penerapan AI for Sustainability dan AI for Startup. Program ini bertujuan memberikan landasan kokoh bagi karyawan Telkomsel untuk memahami dan mengimplementasikan teknologi AI secara efektif.

Selain itu, Telkomsel juga berencana menerapkan lebih banyak teknologi Azure AI Services, termasuk Azure OpenAI Service, di berbagai platform pelanggan dan bisnis Telkomsel untuk menghadirkan solusi yang inovatif dan personalisasi yang lebih baik buat pelanggan. Generative AI membuka berbagai peluang kreativitas untuk menghasilkan layanan baru yang dapat meningkatkan pengalaman digital pelanggan secara signifikan.

Tak hanya itu, Telkomsel juga melakukan implementasi inisiatif transformasi jaringan melalui pemanfaatan AI, sehingga Telkomsel dapat mendeteksi dan menanggapi masalah jaringan lebih cepat dan efisien. Upaya ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, tetapi juga membantu Telkomsel tetap menjadi pemimpin dalam industri telekomunikasi dengan jaringan andal dan responsif terhadap kebutuhan yang terus berkembang.

“Era baru AI memungkinkan setiap individu dan setiap organisasi untuk menciptakan dampak sosial serta memaksimalkan pertumbuhan ekonomi secara lebih inklusif, misalnya, dengan mempercepat waktu untuk berinovasi, mengembangkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan produktivitas,” ujar Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir.

(*/Red)