BeritaPeristiwa

Tiga Nelayan Selamat dari Kapal Karam di Situbondo Berkat Respon Cepat Satpolairud

×

Tiga Nelayan Selamat dari Kapal Karam di Situbondo Berkat Respon Cepat Satpolairud

Sebarkan artikel ini
Tiga Nelayan Selamat dari Kapal Karam
Satpolairud Polres Situbondo berhasil melakukan penyelamatan terhadap tiga nelayan yang mengalami musibah kapal karam (Foto: Dok. Humas)

SITUBONDO – Satpolairud Polres Situbondo berhasil melakukan penyelamatan terhadap tiga nelayan yang mengalami musibah kapal karam akibat dihantam ombak besar di Perairan Dusun Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, pada hari Sabtu, 9 Maret 2024.

Ketiga nelayan tersebut berangkat melaut pada pukul 05.00 WIB menggunakan perahu kayu yang dinakhodai oleh Busali. Namun, pada pukul 15.30 WIB, saat mereka bersiap untuk kembali, perahu mereka terguling akibat ombak besar di perairan Kalbut, Situbondo, tepatnya di koordinat 07° 37′ 25” LS – 114° 0′ 51” BT.

Menanggapi laporan dari keluarga nelayan, Kasat Polairud AKP Gede Sukarmadiyasa, S.H., M.H., bersama dengan anggota Satpolairud dan warga setempat, segera melakukan operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) di tengah kondisi cuaca yang ekstrem dengan angin kencang dan gelombang tinggi.

Berhasil diselamatkan dalam operasi SAR tersebut adalah Busali (55), nahkoda kapal, Asmojo (60), dan Sadun (50). Mereka kemudian dibawa ke rumah masing-masing dan diberikan bantuan makanan serta minuman untuk pemulihan. Sadun, yang sempat pingsan dan muntah-muntah diduga karena menelan banyak air laut, dibawa ke Puskesmas Mangaran untuk mendapatkan penanganan medis.

AKP Gede Sukarmadiyasa menyatakan, “Beruntungnya, berkat informasi yang cepat dari masyarakat, kami dapat menyelamatkan ketiga nelayan yang kapalnya karam akibat ombak.”

Di sisi lain, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H., mengimbau masyarakat pesisir dan nelayan untuk berhati-hati saat melaut, terutama mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu. Beliau menekankan pentingnya membawa peralatan keselamatan dan komunikasi.

“Kami mengimbau para nelayan untuk tidak memaksakan diri melaut saat cuaca buruk dan selalu membawa peralatan keselamatan,” ujar Kapolres, mengingatkan akan seringnya terjadi hujan deras disertai angin kencang dan gelombang tinggi saat ini.

(*/Red/Humas)