Artikel dan UlasanBisnisGaya Hidup

Tips Menggunakan Kartu Kredit Pola Orang Kaya

×

Tips Menggunakan Kartu Kredit Pola Orang Kaya

Sebarkan artikel ini
Tips Menggunakan Kartu Kredit
Tips Menggunakan Kartu Kredit (3titik.com)

Tips menggunakan kartu kredit, sudah menjadi kebutuhan hidup kalau kartu kredit memiliki banyak kegunaan dalam hidup. Mulai dari belanja kebutuhan sehari-hari, beli tiket pesawat, booking hotel, hingga modal usaha dan investasi.

Tapi, tahukah kamu bahwa pola pikir orang kaya dan orang miskin sangat berbeda dalam menggunakan kartu kredit ini? Jika orang kaya di untungkan dengan adanya kartu kredit ini, maka orang miskinlah yang menjadi pihak yang di rugikan oleh hadirnya kartu kredit.

Namun terlepas dari untung dan rugi tersebut, bagi kamu yang memiliki kartu kredit pasti kamu penasaran bagaimana orang kaya menggunakan jenis kartu yang satu ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips menggunakan kartu kredit ala orang kaya yang mungkin bisa kamu tiru.

Tips Menggunakan Kartu Kredit Pola Orang Kaya

Pernah dengar kalimat yang mengatakan hemat pangkal kaya? Jika demikian mungkin kalimat tersebut yang menjadi landasan mengapa kebanyakan orang dengan ekonomi kelas atas memilih menggunakan kartu kredit ini daripada kartu jenis lainnya.

Selain itu ternyata para orang kaya juga memiliki tips tersendiri dalam menggunakan kartu kredit ini. Apa saja ya tips-tipsnya? Berikut adalah ulasan lengkap mengenai tips menggunakan kartu kredit yang bisa kamu tiru.

1. Mengutamakan Kualitas Daripada Kuantitas

Tips menggunakan kartu kredit ala orang kaya pertama adalah menguatamakan kualitas. Perlu di catat bahwa yang kaya memiliki beberapa kartu kredit yang jumlahnya biasanya kurang dari lima atau bisa di hitung dengan jari.

Berbeda dengan orang dengan kelas ekonomi menengah yang justru mengoleksi banyak kartu kredit. Tahu tidak mengapa seperti itu? Ini semua karena banyak orang kaya yang tidak mau kehilangan fokus pada uang hanya karena memiliki banyak kartu kredit.

Orang-orang ini lebih suka menggunakan hanya satu atau dua kartu kredit berkualitas daripada banyak kartu kredit dengan berkualitas rendah. Bukan hanya itu, namun tidak sedikit orang yang bingung mengatur keuangannya karena terlalu banyak kartu kredit yang dia punya.

2. Selalu Lunasi Tagihan

Kebanyakan orang yang memiliki kartu kredit yang banyak biasanya membayar jika sudah jatuh tempo dengan pembayaran minimum atau bahkan tidak membayarnya sama sekali. Hal ini tentunya tidak di lakukan oleh orang kaya.

Tips menggunakan kartu kredit ala orang kaya yang bisa kamu tiru adalah dengan membayar tagihan kartu sebelum jatuh tempo. Ini dilakukan untuk menghindari bunga atau bahkan denda yang mungkin akan menjerat amu suatu hari nanti.

Kamu mungkin berpikir bahwa orang kaya selalu punya banyak uang untuk melunasi tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Tapi jangan salah, tidak seperti kebanyakan orang yang menggunakan kartu kreditnya untuk kegiatan konsumtif, mereka justru lebih suka menginvestasikan uangnya.

3. Disiplin dalam Membayar Tagihan

Selain selalu membayar tagihan kartu kreditnya, banyak orang kaya yang tidak telat membayar tagihan kartu kredit mereka. Ini juga merupakan tips menggunakan kartu kredit yang bisa kamu terapkan. Para orang kaya selalu disiplin membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo.

Tentunya hal ini secara tidak sadar membuat kamu berpikir bahwa orang kaya selalu punya banyak uang untuk membayar tagihan kartu kreditnya. Namun, hal ini lagi-lagi berkaitan dengan kebiasaan dan gaya hidup.

Jika kamu tidak ingin menunggak tagihan, maka sebaiknya kamu kurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak perlu. Jadi kamu tidak akan kesulitan untuk melunasi tagihannya nanti.

4. Manfaatkan Poin Reward

Kebanyakan orang kaya menggunakan kartu kredit mereka lebih dari sekadar membayar belanjaan. Tetapi juga manfaatkan semua keuntungan yang di tawarkan kartu kredit tersebut. Seperti diskon, cashback, hingga poin reward.

Semakin banyak kamu menggunakan kartu kredit, maka akan semakin banyak hadiah yang bisa kamu peroleh. Dengan demikian, poin reward yang di hasilkan dari transaksi kartu kredit tersebut dapat ditukarkan dengan voucher belanja hingga tiket pesawat gratis yang tentunya akan menguntunkan.

5. Rutin Cek Transaksi Kartu Kredit

Dalam rangka mengetahui jumlah transaksi atau limit yang di gunakan, umumnya orang kaya juga akan mengecek atau memeriksa tagihannya secara berkala. Tagihan kartu kredit yang berisi rincian transaksi umumnya akan di kirimkan ke alamat email atau rumah nasabah setiap bulannya.

Dengan meninjau transaksi kartu kredit secara berkala, pengeluaran berlebih dan melebihi batas penggunaan kartu kredit juga dapat di hindari. Jadi tips menggunakan kartu kredit ala orang kaya ini juaga bisa kamu lakukan untuk menjaga pengeluaran kamu tetap pada batas yang normal.

Alasan Orang Kaya Memilih Menggunakan Kartu Kredit

Walaupun memiliki uang lebih yang dari cukup untuk memenuhi kebutuhannya, orang kaya lebih memilih kartu kredit sebagai alat pembayaran. Mengapa demikian ya? Ternyata ini dia alasannya.

Pelacakan Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Salah satu rahasia orang kaya adalah kebiasaan mengatur keuangannya termasuk mengontrol pengeluaran bulanan. Saat menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, pelacakan transaksi akan lebih mudah untuk dapatkan.

Dengan menggunakan kartu kredit, maka semua transaksi akan tercatat, sehingga memudahkan kita untuk melakukan pencatatan.

Bayangkan, jika kamu harus mengumpulkan banyak kuitansi dan menambahkannya secara manual, akan memakan banyak waktu dan tenaga bukan? Inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang kaya yang lebih memilih kartu kredit.

Mendapatkan Poin

Keuntungan lainnya saat bertransaksi menggunakan kartu kredit adalah mendapatkan poin. Semakin besar transaksi yang kamu lakukan, semakin banyak poin yang akan kamu peroleh.

Nantinya, poin tersebut bisa kamu tukarkan dengan berbagai produk atau layanan menarik di kartu kredit kamu. Tawaran semacam ini juga tentu akan menarik para orang kaya untuk tetap menggunakan kartu kreditnya sebagai alat pembayaran, terlepas dari berbagai diskon yang di tawarkan.

Keamanan Terjaga

Selain itu, para orang kaya juga lebih memilih bertransaksi dengan kartu kredit karena keamanannya. Menggunakan kartu kredit di anggap lebih aman daripada membawa uang tunai, apalagi saat bepergian.

Selain itu, menggunakan kartu debit juga berisiko kehilangan sejumlah uang pada kartu jika kartu tersebut di salahgunakan. Ini semua tentu berbeda dengan kartu kredit, dimana kamu hanya akan mengalami kerugian sebesar limit pinjaman yang ada pada kartu kredit mu.

Tetapkan Batas Pengeluaran

Seperti yang diketahui bersama, orang kaya sangat memperhatikan perencanaan keuangan mereka. Mereka akan menghitung setiap biaya bulanan yang di keluarkan. Untuk mengatur pengeluaran agar tidak melebihi alokasi yang di tetapkan, limit kartu kredit adalah solusinya.

Penutup

Bagi orang kaya, memiliki kartu kredit sangat menguntungkan. Salah satunya adalah adalah karena mereka bisa mendapatkan banyak manfaat transaksi.

Jika kamu ingin menggunakan kartu kredit seperti hal nya yang dilakukan para orang kaya, maka mulailah belajar dan terapkan tips tersebut. Walaupun terkadang dianggap remeh, namun ternyata kebiasaan ini sangat bermanfaat.

(*/Jeany)