Artikel dan UlasanDestinasiRagam

Wisata Kampung Kerapu Situbondo, Menikmati Budidaya Ikan dan Kuliner Laut

×

Wisata Kampung Kerapu Situbondo, Menikmati Budidaya Ikan dan Kuliner Laut

Sebarkan artikel ini
Kampung Kerapu Situbondo
Wisata Kampung Kerapu Situbondo (Foto: Istimewa)

Wisata Kampung Kerapu Situbondo bisa menjadi pilihan yang tepat, jika Anda mencari tempat wisata yang menawarkan keindahan alam, edukasi, dan kuliner laut. Wisata ini berlokasi di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Wisata Kampung Kerapu merupakan tempat budidaya ikan kerapu sekaligus wisata edukasi dan kuliner dengan pemandangan laut yang eksotis.

Apa saja yang bisa dilakukan di Wisata Kampung Kerapu Situbondo?

Wisata Kampung Kerapu Situbondo memiliki banyak fasilitas dan aktivitas yang bisa Anda nikmati, di antaranya adalah:

  • Dermaga kayu. Dermaga kayu sepanjang 300 meter ini menjorok ke arah laut dengan track melingkar. Anda bisa berjalan-jalan di atas dermaga sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan pemandangan laut yang memukau. Dermaga ini juga menjadi spot foto yang instagrammable, terutama pada saat senja atau malam hari dengan lampu-lampu yang berwarna-warni.
  • Budidaya ikan kerapu dan lobster. Anda bisa melihat langsung proses budidaya ikan kerapu dan lobster yang menggunakan keramba jaring apung di tengah laut. Anda juga bisa naik perahu nelayan untuk mengelilingi keramba dan belajar tentang cara merawat ikan kerapu dan lobster. Jika beruntung, Anda bisa melihat ikan-ikan yang berenang di sekitar keramba.
  • Perpustakaan apung. Perpustakaan apung ini berisi buku-buku dan panduan tentang tata cara budidaya ikan kerapu dan jenis ikan lainnya. Anda bisa membaca buku-buku ini sambil bersantai di atas rumah apung yang berada di tengah laut. Perpustakaan apung ini juga bertujuan untuk mengenalkan potensi sumber daya laut dan konservasi hayati kepada pengunjung.
  • Kuliner laut. Wisata Kampung Kerapu juga menyediakan sajian kuliner laut yang lezat dan segar. Anda bisa menikmati ikan bakar kerapu, lobster, cumi-cumi, udang, dan berbagai menu seafood lainnya. Anda juga bisa memesan ikan kerapu atau lobster yang masih hidup dari keramba dan meminta untuk dimasak sesuai selera Anda. Rasanya pasti lebih nikmat dengan suasana pantai yang asri.
  • Wahana air. Jika Anda ingin lebih berpetualang, Anda bisa mencoba berbagai wahana air yang tersedia di Wisata Kampung Kerapu. Ada banana boat, donat boat, fly fish, opstackle, dan kayak yang bisa Anda sewa. Anda juga bisa naik speedboat untuk keliling perairan dengan kecepatan tinggi. Tentu saja, semua wahana air ini dilengkapi dengan standar keselamatan yang terjamin.
  • Air mancur menari. Salah satu daya tarik lain dari Wisata Kampung Kerapu adalah adanya air mancur menari yang berada di tengah laut. Air mancur ini akan menyemburkan air dengan warna-warni yang indah sesuai dengan irama musik yang diputar. Anda bisa menyaksikan atraksi air mancur menari ini pada malam hari, biasanya pada hari Minggu atau hari libur. Suasana malam di Wisata Kampung Kerapu akan semakin romantis dengan adanya air mancur menari ini.

Cara menuju ke Wisata Kampung Kerapu Situbondo?

Wisata Kampung Kerapu berjarak sekitar 13 km dari Alun-alun Situbondo, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit berkendara. Wisata ini berada di pinggir jalan pantura, sehingga mudah diakses. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil untuk menuju ke sana. Anda juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus dari arah Kota Situbondo maupun sebaliknya dan turun tepat di depan pintu masuk Wisata Pantai Kerapu.

Harga tiket masuk ke Wisata Kampung Kerapu Situbondo?

Harga tiket masuk ke Wisata Kampung Kerapu adalah Rp. 6.000,- untuk hari biasa dan Rp. 15.000,- untuk hari libur. Harga ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Untuk wahana air, perahu nelayan, dan kuliner laut, Anda harus membayar biaya tambahan sesuai dengan tarif yang berlaku.

Kapan waktu terbaik untuk berkunjung

Anda bisa berkunjung ke Wisata Kampung Kerapu kapan saja, karena wisata ini buka setiap hari dari jam 08.00 WIB hingga 22.00 WIB. Hanya pada hari Jumat, wisata ini buka mulai dari jam 13.00 WIB hingga 21.00 WIB. Namun, jika Anda ingin menikmati pemandangan senja atau air mancur menari, Anda bisa datang pada sore atau malam hari. Jika Anda ingin menghindari keramaian, Anda bisa datang pada hari kerja.

Apa yang harus disiapkan

Sebelum berkunjung ke Wisata Kampung Kerapu, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan, yaitu:

  • Pakaian dan perlengkapan yang nyaman. Anda disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu panas, karena cuaca di pantai bisa cukup terik. Anda juga bisa membawa topi, kacamata, sunblock, dan handuk untuk melindungi diri dari sinar matahari. Jika Anda ingin mencoba wahana air, Anda bisa membawa pakaian ganti dan perlengkapan mandi.
  • Uang tunai. Anda harus membawa uang tunai yang cukup untuk membayar tiket masuk, wahana air, perahu nelayan, dan kuliner laut. Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Situbondo seperti madu, keripik, dan kerajinan tangan di sekitar kawasan wisata. Tidak semua tempat menerima pembayaran non-tunai, jadi lebih baik siapkan uang tunai sebelumnya.
  • Kamera. Anda tidak akan mau melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen-momen indah di Wisata Kampung Kerapu. Anda bisa membawa kamera atau ponsel untuk mengambil foto-foto di dermaga kayu, budidaya ikan kerapu, perpustakaan apung, atau air mancur menari. Pastikan kamera atau ponsel Anda memiliki baterai yang cukup dan memori yang kosong.
  • Sampah. Anda harus bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di Wisata Kampung Kerapu. Anda harus membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah sembarangan, terutama di laut. Anda juga harus menghormati hewan-hewan laut yang ada di keramba dan tidak mengganggu atau merusaknya.

Demikian artikel yang saya buat tentang Wisata Kampung Kerapu Situbondo. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk berkunjung ke sana. Terima kasih.

(*/Red)