Berita

Wujudkan Kamtibmas, Polresta Malang Kota Amankan 136 Motor Berknalpot Brong

×

Wujudkan Kamtibmas, Polresta Malang Kota Amankan 136 Motor Berknalpot Brong

Sebarkan artikel ini
Polresta Malang Kota Amankan 136 Motor Berknalpot Brong
Polresta Malang Kota Amankan 136 Motor Berknalpot Brong (Foto: Doc Humas)

Malang Kota – Komitmen Polresta Malang Kota dalam menciptakan dan memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat (kamtibmas) terus diwujudkan melalui tindakan cepat dalam merespons keluhan warga Kota Malang. Kali ini, Polresta Malang Kota berhasil mengamankan 136 unit motor yang menggunakan knalpot brong yang menyebabkan kebisingan.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Budi Hermanto, melalui Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Akhmad Fani Rakhim, menyatakan bahwa penindakan terhadap ratusan kendaraan roda dua yang tidak sesuai spek dilakukan saat patroli gabungan dengan pola tempat dan waktu. Tindakan tersebut juga dilakukan berdasarkan pengaduan masyarakat yang merasa terganggu oleh balap liar dan konvoi kendaraan bersuara bising (knalpot brong), seperti yang diungkapkan Kompol Fani pada Selasa (12/12).

Kompol Fani menjelaskan bahwa penindakan pelanggaran dilakukan dengan tilang manual dan penahanan kendaraan karena tidak sesuai standar pabrikan. Kendaraan yang telah diamankan dapat diambil kembali setelah pemiliknya menjalani proses sidang dan mengganti spare part sesuai standar pabrik.

“Intinya, kami ingin masyarakat Kota Malang maupun pengunjung tidak merasa terganggu oleh balapan liar atau kebisingan dari knalpot yang dimodifikasi (brong),” tegas Kompol Fani.

Polresta Malang Kota berusaha mengantisipasi gangguan kamtibmas oleh kelompok pemuda yang melakukan aksi balap liar yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat. Selain itu, upaya dilakukan untuk mencegah situasi yang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya.

“Kami berkomitmen untuk terus memberantas tindakan-tindakan yang melanggar hukum demi keamanan dan keselamatan bersama,” pungkasnya.

(*/Humas)